Deskripsi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Potensi Sumber Daya Alam Indonesia

Loading...
Pada artikel kali ini, kita akan membedah tentang negara-negara di kawasan asia tenggara, namun terlebih dahulu kita akan mengulas tentang negara Indonesia, Ibukota Indonesia, luas wilayah indonesia, jumlah penduduk indonesia, kepadatan penduduk indonesia, mata uang indonesia, agama di indonesia, bahasa di indonesia, lagu kebangsaan indonesia, kemerdekaan indonesia, jumlah pulau di indonesia, suku bangsa di indonesia, bahasa resmi indonesia, potensi alam indonesia, potensi budaya indonesia, potensi perdagangan di indonesia, potensi industri di indonesia, potensi pariwisata indonesia, potensi sumber daya alam indonesia, lambang negara indonesia, negara republik indonesia, deskripsi negara indonesia.

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Setelah pada pembahasan artikel sebelumnya kita mengetahui gambaran umum tentang wilayah Asia Tenggara, sekarang kita akan mempelajari tentang kondisi fisik dan sosial negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Perhatikan lebih lanjut uraian berikut ini.

Deskripsi Negara Indonesia

  • Nama resmi : Republik Indonesia
  • Ibukota : Jakarta
  • Luas wilayah : 1.906.240 km
  • Jumlah penduduk : 241.973.879 (2005)
  • Kepadatan : 126 jiwa/km
  • Mata uang : Rupiah
  • Agama : Islam (88,2 % ), Protestan (5,9 % ), Katolik (3 % ), Hindu (1,8 % ), Buddha (0,8 % ), dan lain lain (0,3 % )
  • Bahasa : Indonesia
  • Lagu kebangsaan : Indonesia Raya
  • Kemerdekaan : Diproklamasikan 17 Agustus 1945, diakui 27 Desember 1949 (dari penjajahan Belanda)


Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di Asia Tenggara, melintang di khatulistiwa antara Benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia memiliki lebih dari 18.000 pulau (sekitar 6.000 pulau tidak berpenghuni).

Pulau-pulau utama meliputi Pulau Kalimantan, Papua, Sumatra, Sulawesi, dan Jawa. Penduduk Indonesia terdiri atas suku bangsa melayu (Indonesia bagian Barat) dan suku bangsa Papua yang mempunyai akar di Kepulauan Melanesia (Indonesia bagian Timur). Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Indonesia di samping bahasa daerah yang tetap dilestarikan.

Potensi Sumber Daya Indonesia

a. Potensi Alam

  1. Persebaran tanah umumnya subur karena memiliki banyak gunung api.
  2. Memiliki garis pantai yang panjang dan perairan laut yang luas.
  3. Kaya akan barang tambang, hasil pertanian, perkebunan, dan kehutanan.
  4. Memiliki berbagai potensi sumber energi alternatif, seperti sinar matahari, angin, air terjun, panas bumi, dan ombak.

b . Potensi Sosial Budaya
Indonesia memiliki penduduk terbesar di Asia Tenggara dengan beraneka ragam suku ( 300 suku kelompok etnik) dan tradisi budaya yang masih dipegang teguh. Di samping itu juga banyak memiliki peninggalan bangunan bersejarah dan budaya. Salah satu bangunan monumental di Indonesia adalah Candi Borobudur.

c . Potensi Perdagangan
Keanekaragaman sumber daya alam serta letak yang strategis mengantarkan Indonesia dikenal luas di seluruh dunia. Indonesia telah mengenal perdagangan internasional jauh sebelum negara Indonesia terbentuk.

Sejak zaman pemerintahan kerajaan di Nusantara, nenek moyang kita telah menjalin hubungan dagang dengan bangsa-bangsa Cina, India, Arab, dan Eropa. Komoditas saat itu adalah hasil pertanian, terutama padi dan rempah-rempah.

Komoditas untuk kegiatan perdagangan internasional saat ini tidak hanya hasil pertanian. Akan tetapi, hasil-hasil pertanian tersebut telah diolah terlebih dahulu dan menghasilkan barang-barang produk industri, seperti tekstil dan pakaian jadi, sepatu, mebel, serta berbagai barang kerajinan.

Luas wilayah Indonesia hanya sekitar 1,3 dari luas permukaan bumi. Namun, Indonesia memiliki 17 dari seluruh jenis spesies flora atau fauna dunia. Jeli Jendela Info

d . Potensi Industri
Indonesia mempunyai potensi dan peluang industri yang cukup besar. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki elemen-elemen penunjang pelaksanaan industri berikut ini.
  1. Memiliki sumber daya manusia sebagai tenaga kerja yang berlimpah.
  2. Pangsa pasar terbuka luas, baik untuk dalam maupun luar negeri.
  3. Memiliki ketersediaan bahan mentah dan bahan baku.
  4. Memiliki fasilitas pendukung, misalnya pelabuhan laut dan udara.
  5. Potensi Pariwisata

1) Memiliki iklim tropis sehingga sinar matahari bersinar terus-menerus sepanjang tahun. Kondisi ini disukai masyarakat dari negara-negara Barat.
2) Memiliki beraneka ragam panorama alam yang indah, baik di darat (pegunungan) maupun di laut (pantai).
3) Memiliki berbagai tradisi budaya dan bangunan-bangunan bersejarah.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Deskripsi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Potensi Sumber Daya Alam Indonesia"

Post a Comment