Macam-macam Jenis Bentuk Muka Bumi dalam Berbagai Jenis Peta

Loading...
Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bentuk bentuk muka bumi, macam-macam bentuk muka bumi, jenis-jenis peta, simbol simbol dalam peta, relief bentuk muka bumi, dan jenis-jenis bentuk muka bumi.


Bentuk Muka Bumi

Permukaan bumi ini sangat bervariasi, diantaranya terdapat daratan dan lautan, di daratan terdapat banyak sekali variasi lagi yang bisa di kelompokkan kedalam beberapa relief daratan bumi. Berikut adalah benuk-bentuk muka bumi.

Bentuk-Bentuk Muka Bumi pada Peta

Sebelum kita membahas tentang bentuk bumi yang disimbolkan dalam peta, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian peta.

Pengertian Peta

Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi

Jenis-jenis Peta 

Secara umum peta dibagi menjadi:
  1. Peta topografi. peta yang menggambarkan permukaan bumi lengkap dengan reliefnya. ...
  2. Peta chorografi, peta yang menggambarkan seluruh atau sebagian permukaan bumi yang bersifat umum, dan biasanya berskala sedang. ...
  3. Peta dunia. peta umum yang berskala sangat kecil dengan cakupan wilayah yang sangat luas.

Bentuk-bentuk muka bumi daratan tidaklah rata, akan tetapi ber ariasi, baik itu berupa dataran, dataran tinggi, dataran rendah, tonjolan berupa bukit, gunung, dome, maupun cekungan berupa sungai, lembah, ngarai, atau basin.

Penggambaran bentuk-bentuk muka bumi tersebut dapat digambarkan melalui dua jenis peta, yaitu dengan menggunakan peta umum berwarna ataupun dengan menggunakan peta khusus, seperti peta topografi atau peta kontur. Pada peta kontur keadaan relief muka bumi dapat diketahui dengan jelas dengan melihat tingkat kerapatan konturnya atau dengan membuat peta tida dimensinya.

Bentuk ketampakan muka bumi dapat kita bedakan menjadi bentuk muka bumi daratan (termasuk sungai dan perairan darat lainnya) serta bentuk muka bumi lautan. Penggambaran bentuk muka bumi tersebut tentu saja tidak dapat ditampilkan sebagaimana aslinya, melainkan berbentuk simbol.

Adapun bentuk simbol-simbol yang digunakan untuk menggambarkan ketampakan-ketampakan alam tersebut dapat berupa simbol titik, simbol garis, ataupun simbol area dan warna.

Penggunaan simbol tersebut disesuaikan dengan bentuk-bentuk muka bumi yang digambarkan pada peta.

Lihat juga: Simbol Daratan dalam Peta

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Macam-macam Jenis Bentuk Muka Bumi dalam Berbagai Jenis Peta"

Post a Comment