Langkah-langkah dan Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan Air, Tanah dan Udara

Loading...
Berikut adalah masih membahas tentang pencemaran yang meliputi mengatasi pecemaran lingkungan, solusi pencemaran udara, solusi pencemaran air, solusi pencemaran tanah, cara mengatasi pencemaran udara, cara mengatasi pencemaran air, cara mengatasi pencemaran tanah, cara mengatasi pencemaran lingkungan, langkah langkah mengatasi pencemaran udara, langkah langkah mengatasi pencemaran air, langkah langkah mengatasi pencemaran tanah, langkah langkah mengatasi pencemaran lingkungan, penanggulangan pencemaran air, penanggulangan pencemaran lingkungan.

Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan

Manusia memiliki peranan yang sangat penting untuk mengatasi pencemaran lingkungan yang terjadi akibat ulah manusia sendiri.

Beberapa hal yang dapat dilakukan manusia untuk mengatasi pencemaran lingkungan akan diuraikan berikut ini:

1. Melakukan Penghijauan

Salah satu cara mengatasi pencemaran tanah adalah penghijauan kembali dengan cara memberi humus tanah, sehingga tanaman kembali subur.

2. Rotasi Tanaman

Rotasi tanaman adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk mempertahankan kesuburan tanah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menanam jenis tanaman yang berbeda pada tempat yang sama secara bergantian.

3. Penggunaan Pupuk Seperlunya

Penggunaan pupuk buatan seperti urea, ZA, dan NSP yang berlebihan sangat merusak lingkungan karena dapat menyebabkan eutrofikasi dan dapat meningkatkan keasaman tanah.

Sebaiknya, petani menggunakan pupuk alami, seperti pupuk kompos dan pupuk kandang untuk mengurangi pencemaran tanah.

4. Pembuatan Sengkedan

Salah satu upaya untuk mengatasi kerusakan tanah karena erosi adalah dengan pembuatan sengkedan di tanah berbidang miring, seperti lereng bukit dan pegunungan. Mengapa sengkedan ini dapat mengurangi erosi?
Sengkedan
Gambar: Sengkedan

5. Reboisasi

Reboisasi adalah penanaman kembali lahan-lahan yang gundul. Hal ini dilakukan untuk mengatasi erosi karena akar-akar pohon dapat menyerap air dan menahan tanah agar tidak terbawa air hujan.

6. Daur Ulang

Saat ini banyak sekali produk daur ulang yang bisa dipakai kembali. Pendaur-ulangan sampah-sampah rumah tangga dan sampah dari pasar menjadi pupuk yang dapat dimanfaatkan petani.

Biasanya sampah pasar berupa sayur-sayuran yang telah membusuk. Jika diolah kembali dan ditambah kotoran hewan akan menjadi pupuk alami yang sangat baik untuk tanaman.

Baca juga: Penyebab Pencemaran Lingkungan

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Langkah-langkah dan Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan Air, Tanah dan Udara"

Post a Comment