Interaksi Antarkomponen Ekosistem

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang interaksi antar komponen ekosistem yang meliputi interaksi antar komponen biotik, interaksi antar komponen abiotik, interaksi antar individu dan lain-lain.

Macam-macam Interaksi Antarkomponen Ekosistem

Komponen-komponen dalam ekosistem saling berinteraksi. Interaksi ini dibedakan menjadi beberapa tingkatan, yaitu:

1. Interaksi Antarorganisme

Setiap individu tidak dapat berdiri sendiri, tetapi selalu berinteraksi dengan individu sejenis atau lain jenis, baik dalam satu komunitas atau dengan komunitas lain.

Interaksi antarorganisme dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu: simbiosis komensalisme, simbiosis mutualisme, sismbiosis parasitisme dan predasi.

Baca selengkapnya: Pengertian dan Contoh Simbiosis Komensalisme, Mutualisme dan Parasitisme

2. Interaksi Antarpopulasi

Interaksi antarpopulasi dapat terjadi secara langsung atau tidak langsung. Contoh interaksi antarpopulasi adalah kompetisi.

Kompetisi merupakan interaksi yang memiliki kepentingan yang sama sehingga terjadi persaingan antarpopulasi. Misalnya, persaingan antara populasi singa dengan harimau yang memperebutkan makanan.
Contoh Interaksi Antarpopulasi
Gambar: Contoh Interaksi Antarpopulasi

3. Interaksi antara Komponen Biotik dan Abiotik

Dalam suatu ekosistem, komponen abiotik berpengaruh atau menentukan jenis makhluk hidup yang sesuai dengan lingkungannya. Sebaliknya, komponen biotik pun berpengaruh pada komponen abiotik.

Coba kamu tuliskan pengaruh antara komponen abiotik dan biotik!

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Interaksi Antarkomponen Ekosistem"

Post a Comment