Pengertian dan Contoh Sifat-sifat Fisika dan Sifat-sifat Kimia Materi (Zat)

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang sifat materi yang meliputi sifat sifat fisika, sifat sifat kimia, pengertian sifat fisika, contoh sifat fisika, pengertian sifat kimia, contoh sifat kimia.

Semua benda yang ada di alam ini adalah materi. Materi adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang. Materi terdiri dari makhluk hidup dan makhluk tidak hidup, seperti manusia, tumbuhan, hewan, air, batu, tanah, angin, dan lain-lain.

Materi dapat berubah jika dipengaruhi oleh faktor luar, baik faktor alami maupun faktor yang disengaja oleh manusia.

Ketika terjadi perubahan, materi mungkin mengalami perubahan bentuk, wujud, atau sifat. Perubahan yang terjadi pada suatu materi ada yang bersifat permanen dan ada juga yang dapat dikembalikan ke bentuk asalnya.

Salah satu bentuk perubahan materi adalah perubahan air menjadi es ketika air tersebut dimasukkan ke dalam lemari es. Dalam hal ini, air hanya mengalami perubahan wujud saja.

Ketika es tersebut dikeluarkan lagi dari lemari es, maka es tersebut akan berubah wujud kembali menjadi air. Berbeda dengan perubahan besi menjadi karat besi. Karat besi tidak dapat dikembalikan lagi menjadi besi.

Apakah perbedaan antara perubahan air menjadi es batu dengan perubahan besi menjadi karat besi? Bagaimanakah sifat dari materi-materi tersebut? Dalam pembahasan ini, kamu akan mempelajari sifat-sifat dari suatu materi dan perubahan yang terjadi pada suatu materi.

Pengertian Sifat Fisika dan Kimia

Suatu materi memiliki sifat-sifat khas yang membedakannya dengan materi yang lain. Sifat materi terdiri dari sifat fisika dan sifat kimia.
Sifat fisika materi adalah sifat yang mencakup wujud dan tampilan materi, sedangkan sifat kimia materi adalah sifat yang mencakup kecenderungan materi untuk berubah dan menghasilkan materi baru.

Macam-macam Sifat Fisika Materi

Sifat fisika yang dimiliki oleh suatu materi dapat diamati secara langsung oleh alat indera kita. Sifat fisika dari suatu materi meliputi: wujud materi, kekerasannya, warnanya, aromanya, kelarutannya dalam materi lain, daya hantar listrik, suhu, dan titik didihnya.

Contoh Sifat fisika materi

Beberapa contoh sifat fisika yang dimiliki oleh suatu materi dapat dilihat dalam tabel berikut.
Contoh Sifat fisika materi
Tabel: Contoh Sifat fisika materi

Macam-macam Sifat Kimia Materi

Sifat kimia merupakan kesanggupan suatu materi untuk membentuk materi baru yang sifatnya berbeda dengannya. Sifat kimia dari suatu materi juga dapat diamati, misalnya mudah atau tidak mudah terbakar, dapat atau tidak dapat bereaksi dengan air, gas, dan materi lainnya.

Contoh sifat kimia materi

Beberapa contoh sifat kimia dari suatu materi berikut dapat kamu lihat pada tabel berikut.
Contoh sifat kimia materi
Tabel: Contoh sifat kimia materi

Demikian pembahasan tentang sifat-sifat materi yang meliputi sifat sifat fisika, sifat sifat kimia, pengertian sifat fisika, contoh sifat fisika, pengertian sifat kimia, contoh sifat kimia.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Pengertian dan Contoh Sifat-sifat Fisika dan Sifat-sifat Kimia Materi (Zat)"

Post a Comment