Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang perubahan fisika dan kimia yang meliputi perubahan fisika, perubahan kimia, pengertian perubahan fisika, pengertian perubahan kimia, contoh perubahan fisika, contoh perubahan kimia, 10 contoh perubahan kimia, ciri ciri perubahan fisika, ciri ciri perubahan kimia, 15 contoh perubahan kimia, contoh perubahan fisika dalam kehidupan sehari hari, 20 contoh perubahan fisika, 10 contoh perubahan fisika, contoh perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.

Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia

Perubahan materi dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia. Bagaimanakah ciri-ciri perubahan fisika? Bagaimanakah ciri-ciri perubahan kimia? Apakah persamaan dan perbedaan antara perubahan fisika dan perubahan kimia?

Pengertian Perubahan Fisika

Perubahan fisika adalah perubahan yang tidak menghasilkan materi baru, yang berubah hanya bentuk dan wujud materi. 
Ciri-ciri perubahan Fisika adalah meskipun materi tersebut mengalami perubahan bentuk dan wujud, tetapi sifat fisikanya masih dimiliki. Perubahan fisika hanya bersifat sementara karena setelah berubah dapat dikembalikan ke materi asalnya. 
Misalnya, air yang berubah menjadi es batu tidak menghasilkan materi baru. Es batu adalah air dalam wujud padat. Jadi, yang berubah hanya wujudnya saja, sedangkan sifatnya tidak berubah. Es batu dapat dirubah lagi wujudnya menjadi air dengan cara dipanaskan.

Contoh Perubahan Fisika dalam Kehidupan sehari-hari

Berikut ini adalah contoh bentuk perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Perubahan air menjadi es batu (membeku).
  2. Perubahan uap air menjadi air (mengembun).
  3. Perubahan air menjadi uap air (menguap).
  4. Lilin yang meleleh.
  5. Perubahan dari kayu menjadi meja.
  6. Perubahan kain menjadi baju dan celana.
  7. Gula larut ke dalam air.
  8. Garam dilarutkan ke dalam air.
  9. Bola lampu yang menjadi panas karena menyerap energi listrik.
Contoh perubahan fisika dan kimia
Gambar: Contoh perubahan fisika dan kimia

Pengertian Perubahan Kimia

Perubahan kimia adalah perubahan yang menghasilkan materi baru dengan sifat yang berbeda dengan materi semula. 
Perubahan kimia disebut juga reaksi kimia. Suatu materi yang mengalami perubahan kimia tidak dapat dikembalikan lagi kepada keadaan semula.

Contohnya adalah perubahan dari besi menjadi karat besi. Sifat dari karat besi sangat berbeda dengan sifat besi. Karat besi tidak dapat diubah lagi menjadi besi.

Contoh dan Faktor penyebab perubahan kimia

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan kimia adalah proses bernafas, fotosintesis, pembakaran, perkaratan, pembusukan, fermentasi, dan pemasakan.
Perubahan kimia yang terjadi pada suatu materi dapat disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini adalah penyebab terjadinya perubahan kimia dan contoh perubahan kimia yang diakibatkannya.

a. Proses Bernafas

Proses bernafas mengubah oksigen (O2) menjadi karbon dioksida (CO2). Perubahan oksigen (O2) menjadi karbon dioksida (CO2) termasuk perubahan kimia.

b. Proses Fotosintesis

Proses fotosintesis merubah gas karbon dioksida (CO2) dan air menjadi gas oksigen dan karbohidrat. Perubahan tersebut termasuk perubahan kimia.

c. Pembakaran

Kayu dibakar menjadi arang merupakan contoh perubahan kimia.

d. Perkaratan

Perkaratan adalah reaksi oksigen menembus ke dalam celah-celah besi sehingga lama kelamaan terbentuk karat pada celah-celah tersebut. Perubahan besi menjadi karat adalah contoh perubahan kimia.

e. Pembusukan

Contoh perubahan kimia karena peristiwa pembusukan adalah roti menjadi berjamur, nasi yang membusuk, dan susu yang menjadi masam.

f. Fermentasi

Contoh perubahan kimia karena proses fermentasi adalah perubahan dari singkong atau beras menjadi tape.

g. Pemasakan

Contoh perubahan kimia yang disebabkan oleh proses pemasakan.

Perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia

Perbedaan Perubahan fisika dan perubahan kimia
Tabel: Perbedaan Perubahan fisika dan perubahan kimia

Demikian pembahasan tentang perubahan fisika dan kimia yang meliputi perubahan fisika, perubahan kimia, pengertian perubahan fisika, pengertian perubahan kimia, contoh perubahan fisika, contoh perubahan kimia, 10 contoh perubahan kimia, ciri ciri perubahan fisika, ciri ciri perubahan kimia, 15 contoh perubahan kimia, contoh perubahan fisika dalam kehidupan sehari hari, 20 contoh perubahan fisika, 10 contoh perubahan fisika, contoh perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment