Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju (Kecepatan) Reaksi Kimia

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang laku reaksi kimia yang meliputi Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Reaksi Kimia, pengaruh suhu terhadap laju reaksi, pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi, faktor laju reaksi, faktor laju reaksi kimia, faktor faktor yang mempengaruhi laju reaksi, pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi, faktor yang mempengaruhi kerja enzim, pengaruh konsentrasi terhadap kecepatan reaksi, pengaruh suhu pada laju reaksi.

Faktor yang Mempengaruhi Laju (Kecepatan) Reaksi Kimia

Cepat atau lambatnya suatu reaksi kimia dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi adalah sifat zat, ukuran partikel zat, kadar zat yang bereaksi, suhu reaksi, dan proses pengadukan.
Faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Bagan: Faktor yang mempengaruhi laju reaksi

1. Sifat Zat

Suatu zat memiliki sifat fisika dan sifat kimia tertentu. Jika zat tersebut mengalami reaksi kimia, maka sifat dari zat tersebut akan mempengaruhi kecepatan reaksi kimianya.

Contohnya, kertas lebih mudah terbakar bila dibandingkan dengan kayu. Oleh karena itu, ketika kertas dan kayu dalam jumlah yang sama banyak dibakar dalam waktu yang bersamaan, maka kertas akan lebih cepat habis.

2. Ukuran Partikel Zat (Luas permukaan)

Makin kecil ukuran partikel zat yang bereaksi, maka kecepatan reaksinya akan makin cepat. Sebaliknya, jika ukuran partikel zat makin besar, maka reaksinya akan berlangsung lebih lambat.

Oleh karena itu, agar reaksi berlangsung lebih cepat, maka ukuran partikel zat harus dibuat menjadi lebih kecil. Cara yang dapat dilakukan untuk memperkecil ukuran partikel zat adalah menumbuk atau mengiris zat tersebut.

3. Kadar Zat yang Bereaksi (Konsentrasi)

Makin besar kadar zat yang bereaksi, maka reaksi akan berlangsung makin cepat. Hal ini terjadi karena makin besar kadar zat tersebut, maka makin banyak partikel yang terkandung di dalamnya.

Sehingga, peristiwa tumbukan antarpartikel zat tersebut makin sering. Akibatnya, reaksi akan makin cepat berlangsung.

4. Suhu Reaksi

Reaksi kimia akan berlangsung lebih cepat dalam suhu yang tinggi. Jika suhu dinaikkan, maka pergerakan partikel materi akan makin cepat. Akibatnya, peristiwa tumbukan antarpartikel materi akan makin sering dan reaksi akan berlangsung makin cepat.

5. Pengadukan

Proses pengadukan dapat meningkatkan pergerakan partikel materi. Dengan meningkatnya pergerakan partikel materi, maka peristiwa tumbukan antarpartikel materi pun akan makin sering.

Dengan begitu, reaksi kimia akan berlangsung makin cepat. Oleh karena itu, agar reaksi kimia berlangsung lebih cepat, maka zat-zat yang bereaksi harus diaduk atau dikocok.

Baja Juga: Ciri-ciri dan Contoh Reaksi Kimia

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju (Kecepatan) Reaksi Kimia"

Post a Comment