Pengertian Campuran dan Macam-macam Jenis Campuran serta Contoh Campuran dalam Kehidupan Sehari-hari

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang campuran yang meliputi pengertian campuran, contoh campuran, macam macam campuran, jenis jenis campuran.

Apakah yang dimaksud dengan campuran? Apa saja golongan-golongan campuran? Apa perbedaan campuran dengan unsur dan senyawa? Kemukakan pendapatmu!

Pengertian Campuran

Pernahkah kamu membuat segelas air gula? Air gula merupakan contoh campuran yang dibentuk oleh air dan gula. Sifat asal dari air dan gula tersebut tidak hilang sama sekali pada campurannya.
Campuran adalah gabungan dari dua zat atau lebih yang sifat asalnya tidak hilang sama sekali. Campuran dapat dibentuk dari gabungan unsur dengan unsur, senyawa dengan senyawa atau senyawa dengan unsur. 
Beberapa contoh campuran adalah air laut, air sungai yang kotor, air kopi, air teh, sirup buah, baja, kuningan, udara, dan tanah.
Untuk mengetahui cara membuat campuran dan lebih memahami sifat-sifat dari suatu campuran, lakukanlah kegiatan berikut ini!

Langkah kerja:
1. Isi gelas dengan air secukupnya.
2. Cicipi rasa gula pasir.
3. Masukkan 1 sendok gula pasir ke dalam gelas yang berisi air.
4. Aduk beberapa saat hingga semua gula larut.
5. Cicipi air dalam gelas tersebut.

Macam-macam Jenis Campuran

Jika dua zat dicampurkan, maka akan terbentuk suatu campuran. Sifat campuran yang dihasilkan dipengaruhi oleh sifat-sifat zat yang dicampurkan.

Misalnya, sifat campuran air kopi akan berbeda dengan sifat campuran air gula. Berdasarkan sifatnya, campuran dibedakan menjadi campuran homogen dan campuran heterogen.

a. Campuran Homogen

Gula yang dilarutkan ke dalam air akan larut secara sempurna dan merata pada setiap bagian air sehingga gula tidak terlihat lagi wujudnya.

Campuran yang seperti ini disebut campuran homogen. Pada campuran homogen, zat-zat yang menyusunnya tidak dapat diamati secara langsung.

Contoh campuran homogen yang lainnya adalah sirop (campuran gula, pewarna, dan air), larutan oralit, udara (campuran gas-gas), dan air garam.
Pengertian Campuran, Contoh Campuran dan Macam-macam Jenis Campuran
Gambar: Contoh Campuran Homogen (Sirup) dan Heterogen (Kopi)

b. Campuran Heterogen

Pernahkah kamu membuat segelas kopi? Perhatikanlah sifatsifat air kopi tersebut! Kopi yang dilarutkan ke dalam air semula larut, tetapi setelah didiamkan beberapa saat akan terbentuk endapan kopi.

Campuran yang seperti ini disebut campuran heterogen. Pada campuran heterogen, zat-zat yang menyusunnya dapat diamati secara langsung.

Contoh campuran heterogen yang lainnya adalah campuran antara air dan tanah, campuran air dan minyak, campuran gula dan garam, campuran air dan kapur, dan sejenisnya.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Pengertian Campuran dan Macam-macam Jenis Campuran serta Contoh Campuran dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment