Pengertian Getaran, Rumus Dan Contoh Getaran Dalam Kehidupan Sehari-hari

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian getaran, contoh getaran, ciri getaran, pegertian satu getaran penuh, rumus getaran, contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari, amplitudo getaran, rumus frekuensi getaran, rumus periode getaran, ayunan matematis, rumus amplitudo getaran.

Saat seseorang memetik gitar, apakah terpikir bagaimana bisa gitar menghasilkan suara? Saat kita berjemur kita dapat merasakan hangatnya cahaya Matahari, kenapa cahaya bisa sampai ke Bumi dan menghangatkan badan kita?

Bunyi dan cahaya merupakan bentuk energi. Kita sering mendengar orang mengatakan gelombang bunyi atau gelombang cahaya. Apakah bunyi dan cahaya termasuk dalam gelombang? Bagaimana jalan suatu cahaya sehingga kita dapat melihat benda-benda, apa getaran dan apa itu gelombang?

Saat seorang gitaris memetik gitar tampak senar gitar akan bergetar. Sedangkan saat tangan kita menghentikan getaran maka bunyi dari gitar pun akan menghilang.

Begitu pula dengan mengapa kita dapat berbicara dan menghasilkan beragam bunyi dari mulut kita, hal itu terjadi akibat adanya getaran dari pita suara kita.

Getaran dari suatu benda akan dirambatkan oleh udara dan menggetarkan gendang telinga kita. Getaran tersebut terbaca oleh saraf otak sehingga kita dapat mendengar bunyi yang dihasilkan.

Pengertian Getaran

Saat kita meletakkan penggaris plastik di ujung meja, kemudian kita tarik ke atas ujung A, maka penggaris akan melakukan gerakan turun naik. Gerakan turun naik posisi A ke A-B-A-C-A merupakan suatu getaran.
Pengertian Getaran, Rumus Dan Contoh Getaran Dalam Kehidupan Sehari-hari
Gambar: Contoh Getaran pada Penggaris
Getaran didefinisikan sebagai gerak periodik dengan menempuh lintasan yang sama. Gerak periodik adalah gerak yang dialami benda secara berulang-ulang dalam selang waktu yang sama.
Getaran adalah suatu gerak bolak-balik di sekitar kesetimbangan. Kesetimbangan di sini maksudnya adalah keadaan di mana suatu benda berada pada posisi diam jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut. Getaran mempunyai amplitudo (jarak simpangan terjauh dengan titik tengah) yang sama. 
Gerakan pada bandul juga merupakan suatu getaran. Hal ini karena bandul berayun secara periodik dan menempuh lintasan yang sama dalam selang waktu yang sama.

Bila kita membiarkan bandul terus berayun, maka lama-kelamaan bandul tersebut akan semakin pelan dan akhirnya berhenti berayun.
Pengertian Getaran, Rumus Dan Contoh Getaran Dalam Kehidupan Sehari-hari
Gambar: Contoh Getaran Ayunan Bandul

Hal itu disebabkan gaya redaman yang melenyapkan energi gerak benda. Gaya redaman sebenarnya dapat diatasi dengan selalu memberi energi pada benda yang bergetar.
Contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari; memasang baterai pada jam bandul atau getaran pada bandul jam, getaran handphone, getaran senar gitar dan getaran ujung penggaris.
Ciri suatu getaran dinyatakan melalui amplitudo dan frekuensi.
Amplitudo getaran adalah simpangan maksimum, sedangkan frekuensi getaran adalah banyaknya getaran tiap sekon. Frekuensi dinyatakan dalam satuan Hertz. Waktu yang diperlukan bandul atau ayunan untuk melalukan satu kali getaran dinamakan periode (waktu) getaran. 
Periode tidak bergantung pada amplitudo. Artinya, berapapun besar simpangan yang kita inginkan, waktu untuk satu periode tetap sama. Satuan periode adalah sekon.

Sehingga saat suatu pegas dengan beban bergetar, maka jauh dari titik A ke B adalah besar simpangan atau amplitudo. Jika pegas bergetar 10 kali dalam waktu 5 detik, maka getaran pegas akan memiliki frekuensi 10/5 atau 2 Hertz. Periode dari getarannya adalah 5/10 atau 0,5 sekon.

Jika kamu perhatikan besar ferukensi di atas yaitu 2 dan periodenya 0,5 dan mengingat frekuensi menyatakan banyaknya getaran dalam satu sekon, sedangkan periode menyatakan waktu yang dinyatakan untuk satu kali getaran, berarti

Pengertian Getaran, Rumus Dan Contoh Getaran Dalam Kehidupan Sehari-hari

Dengan
f = frekuensi (Hz)
T = periode (s).

Demikian pembahasan tentang pengertian getaran, contoh getaran, ciri getaran, pegertian satu getaran penuh, rumus getaran, contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari, amplitudo getaran, rumus frekuensi getaran, rumus periode getaran, ayunan matematis, rumus amplitudo getaran.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Pengertian Getaran, Rumus Dan Contoh Getaran Dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment