Macam-macam Alat Ukur Panjang, Massa, Waktu, Luas dan Volume

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang alat ukur yang meliputi alat ukur panjang, alat ukur massa, alat ukur waktu, alat ukur luas, alat ukur volume, macam macam alat ukur panjang.

Alat Ukur

Bagaimana cara mengukur dengan menggunakan alat ukur yang sering kita gunakan, seperti penggaris dan sejenisnya? Coba kamu cermati uraian berikut ini!

1. Mengukur dengan Satuan Tidak Baku

Kamu telah mengetahui apa yang dimaksud dengan satuan tidak baku. Sekarang, bagaimana cara mengukur benda-benda dengan menggunakan satuan tidak baku?

a. Mengukur Panjang

Untuk mengukur panjang dengan satuan tidak baku dapat digunakan beberapa alat atau satuan, di antaranya: depa, jengkal, dan hasta.

b. Mengukur Waktu

Alat ukur waktu dengan satuan tidak baku adalah jam pasir. Alat ini menyatakan selang waktu yang dilalui seseorang/kelompok untuk melaksanakan kegiatannya.

c. Mengukur Massa

Seperti disampaikan sebelumnya, gelas merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengukur massa benda dengan satuan tidak baku. Selain itu, dapat juga digunakan tempurung (batok) kelapa atau kaleng.

2. Mengukur dengan Satuan Baku

Sekarang, bagaimana cara mengukur benda dengan menggunakan satuan baku?

a. Mengukur Panjang

Telah diketahui bahwa satuan baku untuk besaran panjang adalah meter (m).
Satu meter dinyatakan sebagai 1: 299.792.458 jarak perjalanan cahaya dalam ruang hampa selama 1 detik.
Alat ukur panjang yang telah menggunakan SI adalah mistar, jangka sorong, dan mikrometer sekrup. 
Mistar digunakan untuk mengukur benda dengan ketelitian 0,05 cm atau 0,5 mm. Jangka sorong digunakan untuk mengukur diameter pipa dan ketebalan benda tipis dengan ketelitian 0,1 mm, sedangkan mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur diameter benda bundar, seperti kelereng/ peluru dan plat yang sangat tipis. Ketelitian mikrometer sekrup mencapai 0,01 mm.
Macam-macam Alat Ukur Panjang, Massa, Waktu, Luas dan Volume
Gambar: Alat Ukur Panjang; Mistar, Jangka Sorong dan Mikrometer Skrup

b. Mengukur Waktu

Alat yang biasa digunakan untuk mengukur waktu adalah jam dan stopwatch. 
Jam hanya memiliki ketelitian 1 detik, sementara stopwatch ketelitiannya mencapai 0,01 detik. Akibatnya, stopwatch menjadi alat ukur waktu yang sering digunakan pada pertandingan olah raga dan penelitian laboratorium.

c. Mengukur Massa

Alat ukur massa secara umum disebut neraca. Beberapa jenis neraca, di antaranya: neraca pasar, neraca analitis, neraca berlengan, dan neraca O’Hauss.
Neraca pasar digunakan untuk menimbang kebutuhan pokok (bahan makanan) rumah tangga, seperti sayuran, beras, minyak, gula, dan sebagainya. Neraca ini memiliki anak timbangan dengan ukuran terbesar 5 kg dan ukuran terkecil 50 g.

Dalam dunia perdagangan, digunakan juga neraca analitis yang berfungsi untuk mengukur massa emas. Berbeda dengan neraca O'Hauss, neraca ini banyak digunakan di laboratorium untuk mengukur massa jenis unsur/senyawa dalam penelitian ilmiah. Neraca ini memiliki ketelitian hingga 10 mg.
Macam-macam Alat Ukur Panjang, Massa, Waktu, Luas dan Volume
Gambar: Macam-macam Jenis Alat Ukur Massa (Neraca)

d. Mengukur Luas

Ukuran luas diperoleh dengan mengalikan dua ukuran panjang. Rumus luas beberapa bidang dapat kamu lihat pada tabel berikut ini.
Macam-macam Alat Ukur Panjang, Massa, Waktu, Luas dan Volume
Tabel: Rumus Luas Bangun Datar

e. Mengukur Volume

Ukuran volume (isi dari benda ruang) diperoleh dari besaran pokok panjang. Beberapa rumus volume bangun ruang dapat kamu lihat dalam tabel berikut.
Macam-macam Alat Ukur Panjang, Massa, Waktu, Luas dan Volume
Tabel: Rumus Volume bangun Ruang

Sementara, untuk mengukur benda tak beraturan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1) Menggunakan gelas ukur yang diisi air, lalu catat ketinggian air.

2) Masukkan benda (yang tak beraturan/batu), catat ketinggian airnya.

3) Hitung selisih cara 1) dan 2). Hasil yang diperoleh merupakan volume benda.

Demikian pembahasan tentang alat ukur yang meliputi alat ukur panjang, alat ukur massa, alat ukur waktu, alat ukur luas, alat ukur volume, macam macam alat ukur panjang.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Macam-macam Alat Ukur Panjang, Massa, Waktu, Luas dan Volume"

Post a Comment