Pengertian NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif) beserta Macam-macam Contohnya

Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang NAPZA, pengertian zat adiktif, kriteria zat adiktif, macam macam zat adiktif, contoh zat adiktif, pengertian napza, pengertian narkotika, pengertian psikotropika, macam macam napza, contoh napza.

Zat Adiktif dan Psikotropika

Baru-baru ini terdengar bahwa anak tingkat sekolah dasar mulai mengkonsumsi obat terlarang Bagaimana hal itu bisa terjadi? Karena mereka belum mengenal hal-hal seperti itu?

Hal itu mungkin juga bisa terjadi pada kita, dengan diiming-imingi bahwa ini bukan obat terlarang tapi vitamin, atau obat flu atau obat yang akan membuat otak kita jadi pintar untuk menghadapi ulangan atau semacamnya.

Karena para pengedar berupaya mengubah bentukbentuk dari tampilan obat terlarang tersebut, sehingga kita tidak dapat mengenalinya dengan baik dan tampak seperti pil obat biasa atau vitamin.

Pengertian NAPZA

NAPZA atau singkatan dari Narkotika, psikotropika dan zat adiktif. NAPZA merupakan kelompok obat dan zat yang memberikan efek buruk bagi penggunanya. Narkotika berbeda dengan psikotropika dan zat adiktif.
Gambar: Contoh Zat Adiktif (a) rokok (b) alkohol (c) kopi

Pengertian Narkotika

Narkotika adalah zat yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan menimbulkan ketergantungan. 
Zat itu dapat berasal dari tanaman atau pun merupakan hasil sintesis. Zat yang tergolong dalam narkotika antara lain opium, morfin, heroin, ganja, kokain dan metadon.

Pengertian Psikotropika

Psikotropika adalah zat yang memiliki pengaruh tertentu terhadap tubuh. Zat ini biasanya digunakan dalam bidang kedokteran untuk tujuan tertentu. 
Diantaranya amfetamin yang digunakan sebagai pengurang depresi dan pengendali nafsu makan. Amfetamin disebut juga dengan shabu-shabu. Psikotropika lain yang banyak di salah gunakan adalah MDMA atau lebih dikenal dengan ectasy.

Pengertian Zat Adiktif

Zat adiktif adalah zat yang bukan termasuk obat terlarang. Tetapi penggunaannya dalam jumlah berlebih akan menganggu kesehatan. 
Selain itu ciri utama zat adiktif adalah menimbulkan kecanduan bagi pemakainya. Termasuk kedalam golongan zat adiktif adalah rokok, alkohol, lem kayu, dan kopi.

Demikian pembahasan tentang NAPZA, pengertian zat adiktif, kriteria zat adiktif, macam macam zat adiktif, contoh zat adiktif, pengertian napza, pengertian narkotika, pengertian psikotropika, macam macam napza, contoh napza.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Pengertian NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif) beserta Macam-macam Contohnya"

Post a Comment