Pengertian Ion dan macam-macam Ion (Anion Kation) serta Contoh Ion

Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang pengertian ion, macam macam ion, jenis jenis ion, contoh ion, anion kation.

Pengertian Ion

Atom atau molekul tidak memiliki muatan (muatannya netral). Bila atom atau molekul muatannya tidak netral, maka atom atau molekul yang bermuatan tersebut disebut ion.

Macam-macam Jenis Ion

Berdasarkan jenis muatannya terdapat dua jenis ion, yaitu kation dan anion.

1. Kation

Kation bila atom atau molekul bermuatan positif, contoh : Na+, K+, NH4 +, dan sebagainya.

2. Anion

Anion bila atom atau molekul bermuatan negatif, contoh : Cl-, F-, OH-, SO4= dan sebagainya.
Gambar: Ion NH4 +

Na+, K+, Cl- dan F- merupakan ion yang terbentuk dari atom. Ion atom biasa digambarkan sebagai bola bermuatan. Bola ion positif biasanya berukuran lebih kecil dari ukuran bola atomya. Hal ini terjadi karena atom positif biasa terjadi dengan melepaskan elektron terluar sehingga satu lapisan kulit biasanya hilang.

NH4+, OH- dan SO42- merupakan ion molekul. Ion molekul digambarkan sebagai molekul yang memiliki salah satu atom yangt kelebihan atau kekurangan elektron. Contoh ion NH4+ merupakan gabungan dari 1 atom nitrogen, 3 atom hidrogen dan satu ion hidrogen.

Senyawa yang memiliki partikel penyusun berupa ion umumnya adalah kelompok garam seperti NaCl, BaSO4, dan lain-lain. Senyawa ionik ini berbentuk ion ketika terikat bersama dalam suatu kristal.
Gambar: Proton

Atom adalah netral, mengandung jumlah yang sama dari proton dan netron. 
Sedang ion adalah partikel bermuatan yang dihasilkan dengan pemindahan elektron dari atom netral menghasilkan ion bermuatan positif, jika menerima elektron maka dihasilkan ion bermuatan negatif. Ketika ion terbentuk maka jumlah proton tidak berubah.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Pengertian Ion dan macam-macam Ion (Anion Kation) serta Contoh Ion"

Post a Comment