Pengertian dan Rumus Tuas (Pengungkit) serta Contoh Soal Pesawat Sederhana Tuas

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang salah satu contoh pesawat sederhana yaitu pesawat sederhana tuas yang meliputi pengertian tuas, rumus tuas, contoh soal tuas, pengertian pengungkit, contoh pengungkit, rumus pengungkitcontoh tuas, gambar tuas, contoh tuas jenis 1.

Pengertian Tuas (Pengungkit)

Saat kita ingin memindahkan barang atau batu supaya tenaga yang dikeluarkan tidak terlalu banyak maka kita dapat menggunakan tuas.

Tuas kayu atau besi atau apapun yang menggunakan prinsip seperti timbangan untuk mengimbangi berat benda dengan gaya yang digunakan untuk mengungkit benda tersebut.
Tuas (lever,dalam Bahasa Inggris) atau pengungkit adalah salah satu pesawat sederhana yang digunakan untuk mengubah efek atau hasil dari suatu gaya.
Tuas atau pengungkit adalah sebuah batang yang dapat diputar di sekitar titik tumpu. 
Pengungkit atau Tuas adalah pesawat sederhana berupa suatu lengan bergerak yang melakukan gerak putar pada titik tumpu atau titik putar.
 Jika ujung terjauh dari titik putar ditarik ke bawah dengan suatu gaya tarik, ujung lain akan terangkat dengan gaya lebih besar dari berat beban sehingga pemindahan menjadi lebih ringan.

Contoh Tuas (Pengungkit)

Contoh pengungkit atau tuas antara lain; Linggis, gunting, dan pengungkit dari kayu. Dengan bantuan alat-alat tersebut, pekerjaan akan jadi lebih mudah.

Perhatikan Gambar di bawah ini, jika benda yang akan diungkit memiliki berat w, diletakkan pada ujung tuas, yang diletakkan pada titik tumpu sejauh lB, maka kita akan memerlukan gaya sebesar F pada jarak lk kuntuk mengungkitnya.

lB adalah lengan beban yang merupakan jarak beban terhadap titik tumpu, sedangkan lk adalah lengan kuasa yang merupakan jarak gaya terhadap titik tumpu.
Gambar: Prinsip Kerja Tuas

Rumus Tuas (Pengungkit)

Saat benda dapat diungkit maka;

Keterangan:
w = beban (N)
F = gaya/kuasa (N)
lB = lengan beban (m)
lk = lengan kuasa (m)

Perbandingan antara berat beban dan gaya kuasa atau perbandingan antara lengan kuasa dan lengan beban disebut keuntungan mekanis.

Dalam hal ini,

Dengan: KM = keuntungan mekanis (tidak mempunyai satuan)

Contoh soal Pesawat Sederhana Tuas

Sebuah tuas memiliki lengan beban 2 cm dan lengan kuasa 10 cm. Jika kita ingi mengangkat beban yang memiliki berat 5 N, berapa gaya yang harus kita gunakan? tentukan pula keuntungan mekanis alat tersebut !


Demikian pembahasan tentang salah satu contoh pesawat sederhana yaitu pesawat sederhana tuas yang meliputi pengertian tuas, rumus tuas, contoh soal tuas, contoh tuas, gambar tuas, contoh tuas jenis 1.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Pengertian dan Rumus Tuas (Pengungkit) serta Contoh Soal Pesawat Sederhana Tuas"

Post a Comment