Pengertian dan Rumus Tekanan serta Contoh Soal Tekanan

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang tekanan yang meliputi pengertian tekanan, tekanan pada zat cair, tekanan pada zat padat, rumus tekanan, contoh soal tekanan.

Pengertian Tekanan

Apa kamu pernah mendengar orang terkena penyakit darah tinggi ? Hal itu terjadi karena adanya penyempitan pada pembuluh darah. Kejadian in menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara besar tekanan dan luas daerah tempat tekanan terjadi.

Jika kamu punya sebuah balon lalu kamu tekan perlahan maka balon hanya menunjukkan sedikit perubahan, tetapi ketika kamu tekan dengan kuat atau kamu duduki maka balon tersebut akan gepeng atau bahkan pecah.

Hal ini menunjukkan terdapat hubungan antara besar tekanan dengan besar gaya yang bekerja. Bagaimana hubungan antara tekanan, luas permukaan dan besarnya gaya?
Tekanan (p) adalah satuan fisika untuk menyatakan gaya (F) per satuan luas (A). Satuan tekanan sering digunakan untuk mengukur kekuatan dari suatu cairan atau gas. Satuan tekanan dapat dihubungkan dengan satuan volume (isi) dan suhu. (Wikipedia)
Gambar: Tekanan

Rumus Tekanan

Tekanan merupakan besarnya gaya yang bekerja per satuan luas. Jika tekanan dilambangkan dengan p, gaya tekan F, dan luas bidang tekan A, maka hubungan antara tekanan, gaya dan luas permukaan adalah :


Keterangan:
p = tekanan (N/m2 = Pa)
F = gaya (N)
A = luas bidang tekan (m2)

Oleh karena dalam SI satuan gaya adalah N, dan satuan luas adalah m2, maka satuan tekanan adalah N/m2. Satuan tekanan dalam SI adalah Pascal (disingkat Pa).
1Pa = 1 N/m2

Contoh Soal Tekanan

Tangan seorang anak seluas 54 cm2 menekan tanah liat dengan gaya sebesar 9 N. Tentukan besar tekanan yang dialami tanah liat dari tangan anak tersebut !


Demikian pembahasan tentang tekanan yang meliputi pengertian tekanan, tekanan pada zat cair, tekanan pada zat padat, rumus tekanan, contoh soal tekanan.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Pengertian dan Rumus Tekanan serta Contoh Soal Tekanan"

Post a Comment