Pengertian dan Rumus Tekanan Hidrostatis (Tekanan Pada Zat Cair) beserta Contoh Soalnya

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan yang masih terkait dengan tekanan yaitu tekanan pada zat cair yang meliputi pengertian tekanan pada zat cair, pengertian tekanan hidrostatis, rumus tekanan hidrostatis, rumus tekanan pada zat cair, contoh tekanan hidrostatis, contoh soal tekanan hidrostatis, tekanan hidrostatik, rumus tekanan hidrostatik.

Pengertian Tekanan Hidrostatis

Gaya gravitasi menarik zat cair ke bawah di dalam wadah (bejana) yang ditempatinya. Hal ini menyebabkan zat cair melakukan tekanan terhadap wadah yang ditempatinya.

Pada kedalaman yang sama, zat cair melakukan tekanan yang sama besar ke segala arah. Tekanan zat cair bergantung pada kedalaman zat cair; yaitu makin dalam, tekanan zat cair makin besar.

Hal ini menjadi alasan kenapa saat membuat tanggul atau bendungan tembok bagian bawah dibuat lebih tebal daripada bagian atasnya.
Tekanan Hidrostatik adalah tekanan yang diakibatkan oleh gaya yang ada pada zat cair terhadap suatu luas bidang tekan pada kedalaman tertentu. Besarnya tekanan ini bergantung kepada ketinggian zat cair, massa jenis dan percepatan gravitasi. Tekanan Hidrostatika hanya berlaku pada zat cair yang tidak  bergerak. (Academia)
Tekanan yang ditimbulkan zat cair juga ditentukan oleh massa jenis zat cair. Semakin besar massa jenis zat cair, makin besar tekanan di dalam zat cair tersebut. Sehingga tekanan yang ditimbulkan oleh air akan lebih besar dibandingkan tekanan yang yang ditimbulkan oleh minyak atau alkohol.
Gambar: Konstruksi tanggul atau bendungan
dirancang tembok bagian bawah
dibuat lebih tebal untuk menahan tekanan air

Rumus Tekanan Hidrostatis

Jika massa jenis zat cair dilambangkan dengan ρ, kedalaman zat cair h, maka besarnya tekanan (p) dalam zat cair yang ditimbulkan oleh gravitasi Bumi dinyatakan dalam persamaan:
p = ρ g h
Dengan:
p = tekanan (Pa atau N/m2)
ρ = massa jenis zat cair (kg/m3)
g = percepatan gravitasi Bumi (m/s2)
h = ketinggian (m).

Contoh Soal Tekanan pada Zat Cair

Hayataka menyelam ke dasar kolam renang yang memiliki kedalaman 3 m. Berapa besar tekanan air yang dialami oleh anak tersebut jika massa jenis air 1000 kg/m3 dan gravitasi g = 9,8 m/s2.

Penyelesaian :
p = ρ g h
   = (1000 kg/m3) x (9,8 N/kg) x (3 m)
p = 29400 Pa

Demikian pembahasan tentang tekanan pada zat cair yang meliputi pengertian tekanan pada zat cair, pengertian tekanan hidrostatis, rumus tekanan hidrostatis, rumus tekanan pada zat cair, contoh tekanan hidrostatis, contoh soal tekanan hidrostatis, tekanan hidrostatik, rumus tekanan hidrostatik.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Pengertian dan Rumus Tekanan Hidrostatis (Tekanan Pada Zat Cair) beserta Contoh Soalnya"

Post a Comment