Pengertian dan Contoh Pesawat Sederhana serta Macam-macam Jenisnya dilengkapi Gambarnya

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang pesawat sederhana yang meliputi pengertian pesawat sederhana, macam-macam pesawat sederhana, (pesawat sederhana tuas/pengungkit, pesawat sederhana katrol dan pesawat sederhana bidang miring)contoh pesawat sederhana, jenis jenis pesawat sederhana, gambar pesawat sederhana.

Pengertian Pesawat Sederhana

Apakah yang dimaksud dengan pesawat sederhana?
Pesawat sederhana adalah alat untuk memudahkan melakukan usaha. Dengan menggunakan pesawat, kita cukup memberikan gaya yang kecil untuk mengangkat atau memindahkan benda-benda yang berat.

Macam-macam Pesawat Sederhana

Berikut ini adalah beberapa sistem yang bekerja menggunakan prinsip pesawat sederhana;

A. Pesawat Sedehana Tuas (Pengungkit)

Saat kita ingin memindahkan barang atau batu supaya tenaga yang dikeluarkan tidak terlalu banyak maka kita dapat menggunakan tuas.

Tuas kayu atau besi atau apapun yang menggunakan prinsip seperti timbangan untuk mengimbangi berat benda dengan gaya yang digunakan untuk mengungkit benda tersebut.

Baca selengkapnya tentang Pengertian dan Rumus Tuas (Penungkit) beserta Contohnya
Gambar: Pesawat Sederhana Tuas atau Pengungkit

B. Pesawat Sederhana Katrol

Katrol adalah suatu alat sederhana yang digunakan untuk mengangkat beban dengan cara yang lebih mudah. Cara kerja katrol sama dengan prinsip tuas.

Baca selengkapnya tentang Pengertian, Contoh dan Macam-macam Jenis Katrol

C. Pesawat Sederhana Bidang Miring

Selain tuas dan katrol, pesawat sederhana lainnya adalah bidang miring. Seseorang dapat menaikkan muatan dalam truk tanpa tenaga yang terlalu besar berkat bidang miring.
Gambar: Pesawat Sederhana Bidang Miring

Dalam bidang miring berlaku persamaan :
w h = F s
Keterangan:
w = beban (N)
F = gaya (N)
s = panjang bidang miring (m)
h = tinggi bidang miring (m)

Jika bidang miring licin, keuntungan mekanis dapat dikatakan bahwa perbandingan beban dengan kuasa sama dengan perbandingan jarak perpindahan dengan tinggi bidang miring adalah :


Demikian pembahasan tentang pesawat sederhana yang meliputi pengertian pesawat sederhana, macam-macam pesawat sederhana, (pesawat sederhana tuas/pengungkit, pesawat sederhana katrol dan pesawat sederhana bidang miring)contoh pesawat sederhana, jenis jenis pesawat sederhana, gambar pesawat sederhana.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Pengertian dan Contoh Pesawat Sederhana serta Macam-macam Jenisnya dilengkapi Gambarnya"

Post a Comment