Pengertian dan Contoh Gaya Gesek serta Manfaat (Kuntungan) dan Kerugian Gaya Gesek

Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang pengertian gaya gesek, manfaat gaya gesek, keuntungan gaya gesek, kerugian gaya gesek, contoh gaya gesek, gaya gesek statis, gaya gesek kinetis.

Pengertian Gaya Gesek

Ketika kita mendorong atau menarik sebuah balok yang ada di atas meja tidak licin, maka gaya dorongan tersebut akan mendapat perlawanan.

Gaya yang melawan gaya dorong tersebut dikenal dengan gaya gesekan.
Gaya gesekan adalah gaya yang timbul akibat persentuhan langsung antara dua permukaan benda dengan arah berlawanan terhadap kecenderungan arah gerak benda. 
Besar gaya gesekan bergantung pada kekasaran permukaan sentuh. Semakin kasar suatu permukaan, semakin besar gaya gesekan yang timbul.
Gambar: Contoh Gaya Gesekan

Kerugian Gaya Gesek


  1. Gaya gesekan membuat kita harus mengeluarkan tenaga lebih banyak untuk membuat benda berpindah. 
  2. Gaya gesekan pun bisa menimbulkan panas yang berlebihan akibat gesekan pada mesin mobil dan kopling sehingga mesin mobil cepat rusak. 
  3. Gaya gesekan antara ban mobil dengan jalan mengakibatkan ban mobil cepat aus dan tipis. 
  4. Hal lain yang merugikan dari gaya gesekan adalah akibat gesekan antara angin dengan mobil dapat menghambat gerakan mobil.

Untuk mengatasi hambatan yang ditimbulkan pada benda oleh gaya gesekan dapat dilakukan dengan cara memperlicin permukaan. Memperlicin permukaan dapat dilakukan dengan memberi minyak pelumas atau mengampelas permukaan.

Gaya gesekan juga dapat diperkecil dengan memisahkan kedua permukaan yang bersentuhan dengan udara, misalnya pada hovercraf yaitu kapal laut yang bagian dasarnya berupa pelampung yang diisi udara. Hal lain yang dapat dilakukan adalah menaruh benda di atas roda-roda, sehingga benda lebih mudah bergerak.

Manfaat dan Keuntungan Gaya Gesek

Gaya gesekan tidak saja menimbulkan kerugian tetapi juga memberi keuntungan, antara lain;

  1. Gaya gesekan antara kaki kita dengan permukaan jalan memungkinkan kita dapat berjalan. Jika jalanan licin tanpa gesekan kita akan tergelincir. 
  2. Gaya gesekan pada rem, misalnya piringan rem digunakan untuk memperlambat sepeda motor. 
  3. Gaya gesekan antara ban mobil yang dibuat bergerigi dengan permukaan jalan agar tidak slip (tergelincir) pada saat jalan licin, misalnya karena hujan.

Demikian pembahasan tentang Pengertian dan Contoh Gaya Gesek serta Manfaat (Kuntungan) dan Kerugian Gaya Gesek.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Pengertian dan Contoh Gaya Gesek serta Manfaat (Kuntungan) dan Kerugian Gaya Gesek"

Post a Comment