Pengertian dan Alat Pengukur Tekanan Udara

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang Tekanan Udara yang meliputi pengertian tekanan udara, alat ukur tekanan udara, alat pengukur tekanan udara, alat untuk mengukur tekanan udara, satuan tekanan udara, alat untuk mengukur tekanan atmosfer.

Pengertian Tekanan Udara

Kita hidup dalam lautan udara yang disebut atmosfer (lapisan udara). Tekanan udara di permukaan laut rata-rata 76 cmHg (1,013 x 102 N/m2).

Tekanan darah sedikit lebih besar daripada tekanan udara. Jika kita pergi ke tempat yang sangat tinggi, kita mengalami pendarahan dari hidung. Ini disebabkan tekanan udara sangat rendah sehingga terdapat kelebihan tekanan darah yang cukup besar.
Tekanan udara adalah tenaga yang bekerja untuk menggerakkan massa udara dalam setiap satuan luas tertentu. Diukur dengan menggunakan barometer. Satuan tekanan udara adalah milibar (mb). Garis yang menghubungkan tempat-tempat yang sama tekanan udaranya disebut sebagai isobar.
Perubahan tekanan udara yang sangat cepat seperti saat naik pesawat dan terjadi perubahan ketinggian dapat menyebabkan telinga kita seperti meledak.
Gambar: Barometer

Hal ini disebabkan tekanan di sebelah dalam dan sebelah luar gendang telinga berbeda jauh gendang telinga menggembung.

Masalah ini akan sangat berbahaya terutama bagi penumpang bayi yang masih kecil. Untuk mengatasi hal itu bayi biasanya dianjurkan untuk disusui.

Hal itu akan membuat pipa penghubung telinga dan kerongkongan terbuka, sehingga tekanan udara dalam telinga dapat segera disamakan dengan tekanan udara luar.

Alat suntik terdiri atas sebuah pengisap kecil dalam suatu silinder. Jika lubang suntik dimasukkan ke dalam cairan obat, kemudian pengisapnya ditarik ke atas, tekanan di bawah pengisap berkurang, sehingga tekanan udara menekan cairan obat dan masuk ke alat suntik.

Naiknya minuman dari botol atau gelas melalui sedotan bekerja atas prinsip yang sama. Ketika minuman disedot lewat sedotan, paru-paru menggembung dan udara masuk ke mulut melalui sedotan.

Tekanan udara di permukaan minuman dalam botol terbuka atau dalam gelas lebih besar dari tekanan udara dalam mulut, sehingga menekan minuman naik ke mulutmu.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Pengertian dan Alat Pengukur Tekanan Udara"

Post a Comment