Hubungan Atom, Ion, dan Molekul dengan Produk Kimia

Loading...
Bentuk partikel bahan bahan kimia yang ada di sekitar kita dapat berbentuk atom, molekul atau pun ion. Bahan kimia terkadang berubah bentuk partikelnya ketika dilarutkan ke dalam air. Beberapa molekul senyawa membentuk ion ketika larut dalam air.

Bagian terbesar dari tubuh kita adalah air, di dalam air tersebut banyak terlarut ion-ion tubuh, sehingga memiliki tekanan osmosis tertentu. Kamu pernah mendengar tentang minuman isotonik?

Minuman Isotonik

Minuman isotonik merupakan minuman yang memiliki tekanan osmosis yang sama dengan tubuh kita, sehingga minuman tersebut tidak akan menganggu keseimbangan tubuh ketika diminum.

Minuman isotonik adalah air yang mengandung ion-ion tubuh, sehingga didalamnya mengandung NaCl.

Amoniak

Bahan pembersih kaca sebagian besar terbuat dari amoniak. Amoniak memiliki bentuk partikel molekul. Saat amoniak dilarutkan dalam air maka akan terbentuk ion ammonium (NH4+), karena NH3 mengikat ion H+ dari air (H2O), sedangkan air sendiri membentuk ion hidroksida.


Sabun Mandi

Sabun mandi dan detergen juga memiliki bentuk ion saat dilarutkan dalam air. Sabun memiliki rumus kimia RCOONa, yang ketika dilarutkan dalam air akan membentuk ion Na+ dan RCOO-.

Molekul ion RCOO- memiliki sifat ujung yang berbeda di mana satu ujung larut dalam air dan ujung lain larut dalam kotoran.

Keberadaan ion dalam air akan memberikan kemampuan untuk menghantarkan listrik. Misalnya asam sulfat yang sebenarnya berbentuk molekul sering digunakan sebagai isi larutan akumulator.

Hal itu dapat terjadi karena molekul asam sulfat terionisasi saat dalam air. Jika air dalam akumulator kering, maka fungsi akumulator untuk menjadi sumber listrik berhenti, karena asam sulfat kembali berbentuk molekul.

Bentuk partikel gas pada umumnya diatomik atau membentuk molekul unsur lainnya. Hal ini tidak berlaku pada gas mulia seperti helium, argon, neon dan kripton. Gas mulia berbentuk atom tunggal. Gas mulia sering digunakan sebagai pengisi bola lampu.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Hubungan Atom, Ion, dan Molekul dengan Produk Kimia"

Post a Comment