Bunyi Hukum Utama Hidrostatis beserta Rumus dan Contoh Soal Bejana Berhubungan

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang tekanan yaitu bejana berhubungan yang meliputi Hukum utama hidrostatika, hukum bejana berhubungan, hukum utama hidrostatis, hukum pokok hidrostatika, hukum pokok hidrostatis, bunyi hukum bejana berhubungan, bejana berhubungan fisika, hukum utama hidrostatik, percobaan tekanan hidrostatis, contoh bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari.

Bejana Berhubungan

Pengaruh ketinggian dalam menghasilkan tekanan pada zat cair digunakan dalam prinsip kerja botol infus. Semakin tinggi posisi botol, maka akan menghasilkan tekanan yang semakin besar, dan membuat cairan infus bisa memasuki aliran darah.

Jika ketinggian tidak mencukupi maka aliran darah akan terbalik keluar akibat tekanan darah dalam tubuh.

Tekanan zat cair tidak bergantung pada bentuk wadah. Tekanan zat cair di titik A, B, C, dan D dalam sebuah bejana berhubungan yang memiliki kaki-kaki yang bentuk dan ukurannya berbeda adalah sama.
Gambar: Tekanan pada Bejana Berhubungan

Sehingga pA = pB = pC = pD. Pada Gambar tersebut telah ditunjukkan bahwa permukaan zat cair sejenis di dalam bejana berhubungan selalu mendatar.

Bunyi Hukum Hutama Hidrostatis

Saat dalam bejana berhubungan dimasukkan air raksa tampak kedua zat cair tidak bercampur dalam bejana berhubungan. Ketinggian dua permukaan zat cair pun tidak sama.

Hukum utama hidrostatika menyatakan;
"Tekanan yang dilakukan zat cair yang sejenis pada kedalaman yang sama adalah sama besar".

Rumus Hukum Bejana Berhubungan

Sehingga didapatkan rumus sebagai berikut;

p1 = p2
ρ1 g h1 = ρ2 g h2
ρ1 h1 = ρ2 h2

Contoh Soal Bejana Berhubungan

Ke dalam pipa U dimasukkan air, lalu diisi minyak setinggi 10 cm sehingga terjadi selisih ketinggian sebanyak 4 cm. Jika massa jenis air 1000 kg/m3, tentukan massa jenis minyak tersebut !

Penyelesaian :

hm         = 10 cm
hm – ha  = 4 cm
ha          = 10 cm – 4 cm
             = 6 cm
ρa          = 1000 kg/m3


Demikian pembahasan tentang bejana berhubungan yang meliputi Hukum utama hidrostatika, hukum bejana berhubungan, hukum utama hidrostatis, hukum pokok hidrostatika, hukum pokok hidrostatis, bunyi hukum bejana berhubungan, bejana berhubungan fisika, hukum utama hidrostatik, percobaan tekanan hidrostatis, contoh bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Bunyi Hukum Utama Hidrostatis beserta Rumus dan Contoh Soal Bejana Berhubungan"

Post a Comment