Struktur Bagian-bagian Otot, Macam-macam Jenis Otot dan Fungsi Otot

Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang salah satu bagian dari sitem gerak pada manusia yaitu otot yang pembahasannya meliputi struktur otot manusia, bagian bagian otot, macam macam otot, jenis jenis otot, fungsi otot.

Struktur dan Bagian-bagian Otot

Manusia dapat mengerakkan tubuhnya karena adanya otot. Otot atau yang dikenal dengan istilah sehari-hari "daging" terdiri atas sel-sel otot. Sifat sel otot adalah mempunyai kemampuan untuk mengerut (kontraksi) dan mengembang kembali (relaksasi).

Otot mampu memberikan tarikan pada tulang karena dapat melakukan kontraksi. Saat kontraksi serabut otot akan memendek dan tendon yang melekat pada tulang akan membuat tulang tertarik ke arah yang lebih dekat searah kontraksi otot.
Struktur Bagian-bagian Otot, Macam-macam Jenis Otot dan Fungsi Otot
Gambar: Bagian-bagian Otot

Untuk mengembalikan tulang pada posisi semula maka otot mengalami relaksasi, dengan memanjang seperti semula.
Struktur Bagian-bagian Otot, Macam-macam Jenis Otot dan Fungsi Otot
Gambar: Struktur Otot

Otot yang terdapat pada rangka yang berfungsi sebagai alat gerak aktif merupakan otot lurik. Kumpulan serabut otot lurik akan membentuk berkas otot. Berkas otot membentuk otot yang melekat pada tulang. Ujung otot yang melekat pada tulang disebut sebagai tendon.

Macam-macam Jenis Otot

1) Otot polos – dikontrol oleh sistem saraf otonom; mungkin baik secara umum tidak aktif dan kemudian menanggapi rangsangan saraf atau hormon atau mungkin berirama

2) Otot jantung – ditemukan di dalam jantung, bertindak seperti otot polos berirama, dipengaruhi oleh aktivitas saraf dan hormon

3) Otot rangka – menggerakkan kita kesekitarnya dan bertanggung jawab untuk sebagian besar perilaku kita; kebanyakan melekat pada tulang di setiap ujung melalui tendon
Struktur Bagian-bagian Otot, Macam-macam Jenis Otot dan Fungsi Otot
Gambar: Macam-macam Jenis Otot

Fungsi Otot

1) Menjalankan dan melaksanakan kerja contohnya berjalan, mengangkat, dan memegang

2) Menggerakkan jantung

3) Mengalirkan darah yang terdiri atas zat-zat baik itu nutrisi, oksigen dan lain-lain

Demikian pembahasan singkat tentang struktur dan bagian-bagian otot, macam-macam jenis otot dan fungsi otot sebagai bagian dari sistem gerak pada manusia.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Struktur Bagian-bagian Otot, Macam-macam Jenis Otot dan Fungsi Otot"

Post a Comment