Macam-macam Jenis Tulang Pada Manusia (Tulang Keras dan Tulang Rawan serta Contohnya)

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang salah satu bagian dari sistem gerak pada manusia yaitu tulang yang meliputi macam macam tulang pada manusia, jenis jenis tulang pada manusia, tulang keras, contoh tulang keras, contoh tulang pipa, contoh tulang pipih, contoh tulang pendek, tulang rawan.

Maacam-macam Jenis Tulang pada Tubuh Manusia

Tulang-tulang yang menyusun tubuh manusia tersusun sedemikian rupa sesuai dengan fungsinya. Rangka tubuh manusia sebagian besar tersusun atas tulang keras dan sedikit tulang rawan.

1. Tulang Keras

Tulang keras terbagi atas tiga bentuk utama, yaitu tulang pipa, tulang pipih, dan tulang pendek. Tulang keras dibungkus oleh lapisan jaringan ikat atau periosteum. yang merupakan tempat melekatnya otot.

Saluran Havers pada tulang keras mengandung pembuluh darah yang berfungsi untuk memberikan makanan bagi sel tulang keras (osteosit).

a. Tulang Pipa

Tulang pipa biasanya berbentuk bulat panjang serupa pipa. Ujung-ujungnya membentuk bonggol yang di dalamnya berisi sumsum kuning. Contoh tulang pipa misalnya tulang paha, tulang lengan, tulang kering, tulang betis, dan tulang ruas-ruas jari.

b. Tulang Pipih

Tulang pipih bentuknya pipih dengan rongga sumsum merah di dalamnya tempat pembentukan sel darah merah dan sel darah putih. Contoh tulang pipih yaitu tulang-tulang yang membentuk tengkorak, tulang belikat, tulang bahu, tulang dada, tulang rusuk, dan tulang panggul.

c. Tulang Pendek

Tulang pendek bentuknya tidak beraturan dengan rongga berisi sumsum merah. Contoh tulang pendek yaitu tulang-tulang yang membentuk pergelangan tangan, pergelangan kaki, telapak tangan dan jari-jari tangan, telapak kaki dan jari-jari kaki, serta ruas-ruas tulang belakang.
Macam-macam Jenis Tulang Pada Manusia (Tulang Keras dan Tulang Rawan serta Contohnya)
Gambar: Bentuk-bentuk Tulang Keras

2. Tulang Rawan

Saat masih bayi, rangka manusia masih berupa tulang rawan. Seiring dengan perkembangannya, tulang rawan berangsur-angsur tumbuh menjadi tulang keras.

Pada bagian tertentu, tulang rawan tidak mengalami perubahan, Contohnya seperti pada persendian tulang, ujung hidung, daun telinga. 

Tulang rawan mengandung banyak zat perekat (kolagen) yang tersusun atas protein, sedangkan zat kapurnya sedikit. Hal ini menyebabkan tulang rawan bersifat lentur dan elastis.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Macam-macam Jenis Tulang Pada Manusia (Tulang Keras dan Tulang Rawan serta Contohnya)"

Post a Comment