Gangguan, Kelainan serta Penyakit pada Tulang dan Sistem Gerak Manusia

Loading...
Berikut ini adalah berbagai macam bentuk gangguan, kelainan dan penyakit pada sistem gerak manusia atau lebih jelasnya pada tulang yang meliputi gangguan pada tulang, gangguan pada rangka, gangguan pada sistem gerak, kelainan pada tulang, kelainan pada rangka, kelainan pada sistem gerak, penyakit pada tulang.

Gangguan dan Kelainan pada Tulang

Tulang merupakan organ manusia yang turut tumbuh dan memerlukan suplai makanan. Sehingga selain akibat kecelakaan, tulang pun dapat mengalami gangguan akibat kekurangan gizi. Virus, faktor genetik, dan faktor kebiasaan juga dapat menimbulkan kelainan pada tulang.

1. Patah Tulang dan Lepas Tulang

Kecelakaan merupakan faktor luar yang dapat menyebabkan tulang mengalami patah, retak atau lepas pada persendiannya. Lepas tulang biasanya banyak dialami pada hubungan antar tulang terutama jika berbentuk sendi putar.

2. Tulang berbentuk O atau X

Tulang terutama saat proses pertumbuhan pada anak-anak membutuhkan gizi terutama vitamin D dan kalsium. Kekurangan vitamin D dan kalsium akan menganggu proses pertumbuhan tulang sehingga selain tidak tumbuh maksimal dapat juga menimbulkan kelainan bentuk tulang sepeti bentuk O atau bentuk X.

3. Osteoartritis

Kekurangan kalsium pada orang dewasa juga akan menyebabkan osteoartritis. Osteoartritis adalah penyakit yang tidak menurun tetapi berhubungan dengan tumbuhnya tulang yang menyebabkan hambatan pada gerakan dan rasa sakit.

4. Reumatik

Rematik merupakan penyakit tulang akibat adanya kerusakan sebagian pada tulang. Rematik dapat ditimbulkan akibat pola makan dan juga akibat faktor keturunan.

5. Polio

Virus dapat juga menimbulkan penyakit tulang yang disebut dengan polio. Virus polio dapat membuat tulang menyusut dan mengalami kelumpuhan pada tulang yang hampir tidak dapat disembuhkan.

Polio dapat dicegah dengan melakukan imunisasi polio pada saat masih anak anak, sehingga anak tersebut memiliki daya tahan tubuh terhadap serangan virus polio.
Gangguan, Kelainan serta Penyakit pada Tulang dan Sistem Gerak Manusia
Gambar: Kelainan pada Tulang

6. Skoliosis, Lordosis dan Kifosis

Kelainan pada tulang juga dapat ditimbulkan karena faktor kebiasaan. Kebisaan yang dilakukan seseorang seperti kebiasaan duduk dalam jangka waktu yang lama akan membentuk susunan tulang sesuai kebiasaan tersebut.
Kebiasaan duduk bengkok ke kiri atau kekanan menimbulkan kelainan tulang yang disebut skoliosis. Kebiasaan duduk sehingga membuat susunan tulang punggung bergelombang dan tidak rata disebut lordosis. Kebiasaan duduk dan membaca yang membentuk punggung menjadi bungkuk disebut kifosis.
Demikian pembahasan tentang berbagai macam bentuk ganguan, kelainan dan penyakit pada sistem gerak manusia.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Gangguan, Kelainan serta Penyakit pada Tulang dan Sistem Gerak Manusia"

Post a Comment