Gangguan dan Penyakit pada Sistem Pencernaan Manusia

Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang gangguan pencernaan atau penyakit pada saluran pencernaan manusia.

Gangguan pada Pencernaan

Sistem pencernaan terdiri dari beberapa organ. Bila salah satu organ mengalami gangguan sehingga tidak dapat menjalankan fungsinya maka keseluruhan sistem pencernaan akan terganggu.

1. Gangguan pada mulut

Pada mulut, gangguan dapat disebabkan adanya gangguan pada gigi dan lidah. Gigi yang rusak akan membuat makanan tidak dihancurkan dengan baik, sehingga akan membuat tugas lambung dalam menghancurkan makanan menjadi berat dan dapat menimbulkan kerusakan pada lambung.

Lidah yang tidak terjaga kebersihan juga akan menimbulkan benjolan bernanah sehingga menganggu fungsi lidah dalam mengecap rasa dan saat proses menelan.

2. Gangguan pada kerongkongan

Pada percabangan kerongkongan juga sering terjadi radang yang menyebabkan kita sulit menelan akibat mengkonsumsi makanan yang tidak tepat. Hal yang lebih buruknya akan terjadi pembengkakkan amandel.
Gangguan dan Penyakit pada Sistem Pencernaan Manusia
Gambar: Pembengkakan Amandel

3. Gangguan pada lambung

Pola makanan yang salah dan jenis makanan tertentu pun akan membuat kerusakan pada lambung. Produksi asam lambung terpola oleh kebiasaan makan.

Bila asam lambung tidak dipergunakan karena makanan terlambat masuk, maka asam lambung tersebut dapat mengikis dinding lambung, terlebih karena gerakan lambung yang menggiling.

Gesekan antar dinding lambung akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Asam lambung yang terlalu banyak dan tidak ternetralisir di usus 12 jari akan juga menimbulkan kebocoran pada usus.

4. Gangguan pada usus

Gangguan akibat ketidak selarasan kerja usus besar pun dapat menimbulkan ganguan yang disebut konstipasi dan diare.
Konstipasi merupakan gangguan berupa sulitnya pengeluaran feses karena penyerapan air berlebih dalam usus besar. 
Gangguan sulit buang air besar ini bisa dicegah dengan mengkonsusmsi banyak makanan berserat. Selain akibat bakteri diare dapat disebabkan gangguan penyerapan air sehingga feses keluar berupa cairan. .
Gangguan lain pada sistem pencernaan dapat berupa peradangan pada saluran pencernaan yang disebut peritonitis
Cara terbaik untuk mengatasi gangguan pencernaan ini adalah dengan pola makan yang teratur dengan makanan yang baik dan sehat.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Gangguan dan Penyakit pada Sistem Pencernaan Manusia"

Post a Comment