Definisi atau Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan pada Makhluk Hidup beserta Contohnya

Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang meliputi pengertian pertumbuhan atau definisi pertumbuhan, pengertian perkembangan atau definisi perkembangan, arti pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

Pengertian pertumbuhan

Tumbuh dan berkembang merupakan ciri makhluk hidup. Setiap makhluk hidup mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan. Misalnya yang terjadi pada diri kita, kalau diamati keadaan ketika bayi sangat berbeda dengan keadaan saat ini.
Pertumbuhan merupakan proses yang tidak dapat balik lagi, dan merupakan pertambahan ukuran suatu mahluk hidup sebagai akibat dari pertambahan dan pembesaran sel dalam tubuh. Pembesaran sel terjadi karena bertambahnya zat yang masuk kedalam sel, sedangkan jumlah sel dalam tubuh bertambah karena terjadinya peristiwa pembelan dari sel penyusun tubuh. 

Contoh Pertumbuhan 

Contoh pertumbuhan adalah bayi yang baru lahir ukurannya + 45 cm dengan berat badan + 3 kg. Setelah mengalami pertumbuhan, tinggi badan dapat mencapai lebih dari 150 cm dan berat badan lebih dari 30 kg.

Ukuran tubuh meliputi tinggi, berat, dan volume. Pertumbuhan pada makhluk bersel satu ditandai dengan bertambahnya ukuran sel. Sedangkan pada makhluk bersel banyak, pertumbuhan ditandai dengan bertambahnya ukuran dan jumlah sel.

Pertumbuhan pada manusia dan hewan ada batasnya. Setelah mencapai usia tertentu, manusia dan hewan tidak tumbuh lagi. Sedangkan tumbuhan hampir selalu tumbuh sepanjang hidupnya. (DuniaPendidikan.com)
Definisi atau Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan pada Makhluk Hidup beserta Contohnya
Gambar: Pertumbuhan Makhluk Hidup

Pengertian Perkembangan

Perkembangan merupakan proses pengembangan struktur dan fungsi sel dalam organ tertentu.
Perkembangan adalah proses menuju tercapainya kedewasaan. Pada tingkat seluler, perkembangan dapat berupa diferensiasi sel-sel yang baru membelah membentuk jaringan yang menyusun organ tertentu. 

Contoh perkembangan

Contoh perkembangan adalah perubahan susunan dan fungsi organ-organ tubuh.

Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua proses yang berjalan sejajar dan berdampingan. Jadi proses pertumbuhan dan perkembangan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Definisi atau Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan pada Makhluk Hidup beserta Contohnya"

Post a Comment