Pengertian serta Macam-macam Akibat Proses Terjadinya Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari

Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang gerhana bulan, gerhana matahari, pengertian gerhana bulan, pengertian gerhana matahari, macam-macam bentuk gerhana bulan, macam macam bentuk gerhana matahari, akibat gerhana bulan dan matahari, proses terjadinya gerhana bulan, proses terjadinya gerhana matahari, gerhana bulan darah, gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin, gerhana matahari total, gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian, proses gerhana bulan dan proses gerhana matahari.

Proses Terjadinya Gerhana Bulan

Bulan mengelilingi Bumi dan Bumi mengelilingi Matahari. Hal ini akan membuat secara periodik Bulan akan berada didepan Matahari. Saat itu terjadi sinar Matahari yang menuju Bumi akan terhalangi.

Terkadang sinar yang menuju Bulan pun terhalangi oleh Bumi yang tepat berada di antara Bulan dan Matahari. Kejadian seperti ini disebut Gerhana.
Peristiwa masuknya Bulan pada daerah bayang-bayang bumi disebut gerhana bulan. Gerhana bulan terjadi apabila Matahari - Bumi - Bulan berada pada satu garis lurus. Gerhana bulan terjadi pada malam hari ketika Bulan berada pada fase Bulan purnama.

Macam-macam Bentuk Gerhana Bulan

Kita mengenal 2 macam gerhana bulan yaitu gerhana bulan sebagian dan gerhana bulan total. Gerhana bulan sebagian terjadi apabila bulan masuk pada daerah penumbra Bumi. Penumbra adalah daerah bayangbayang Bumi yang tidak terlalu gelap.

Adapun gerhana bulan total terjadi apabila Bulan masuk pada daerah bayang-bayang umbra Bumi. Umbra adalah daerah bayang-bayang Bumi yang gelap.
Pengertian serta Macam-macam Akibat Proses Terjadinya Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari
Gambar: Gerhana Bulan

Proses Terjadinya Gerhana Matahari

Peristiwa terhalangnya sinar Matahari oleh Bulan sehingga sebagian tempat di Bumi tidak memperoleh cahaya Matahari disebut gerhana Matahari. Gerhana Matahari terjadi apabila Matahari - Bulan - Bumi berada dalam satu garis lurus. Gerhana Matahari terjadi pada siang hari dan pada saat Bulan berada pada fase Bulan Baru.

Macam-macam Bentuk Gerhana Matahari

Kita mengenal 2 jenis gerhana Matahari yaitu gerhana Matahari sebagian dan gerhana Matahari total. Gerhana Matahari sebagian terjadi apabila Bumi masuk pada penumbra Bulan.

Gerhana Matahari total akan terlihat oleh orang-orang yang berada di daerah umbra Bulan, sedangkan jika diamati dari daerah penumbra hanya akan tampak Gerhana Matahari sebagian.
Pengertian serta Macam-macam Akibat Proses Terjadinya Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari
Gambar: Gerhana Matahari

Akibat Terjadinya Gerhana Bulan dan Matahari

Pasang surut air laut adalah turun naiknya permukaan air laut dari keadaan normal. Pasang surut air laut terjadi karena pengaruh gravitasi dari Bulan dan Matahari.

Akan tetapi, penyebab utama terjadinya surut permukaan air laut adalah pengaruh gaya gravitasi Bulan. Tepatnya pada saat Bulan berada di tempat yang jaraknya paling dekat ke Bumi.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Pengertian serta Macam-macam Akibat Proses Terjadinya Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari"

Post a Comment