Pengertian Litosfer (Kerak Bumi) dan Struktur Lapisan Kulit Bumi

Loading...
Berikut ini adalah pembahasan tentang litosfer atau lapisan kulit bumi atau lapisan kerak bumi yang pembahasannya meliputi pengertian litosfer, pengertian kerak bumi, lapisan kulit bumi, struktur lapisan kerak bumi, ketebalan lapisan kulit bumi dan unsur-unsur penyusun kulit bumi.

Sekitar 4,5 juta tahun lalu diperkirakan Bumi terbentuk dalam tata surya. Bumi saat terbentuk berupa bola api yang panas dan memadat berbentuk gumpalan lava. Lava pada permukaan Bumi kemudian membeku dan mengeras sehingga berbentuk batuan yang keras.

Permukaan Bumi saat ini 70% tertutup air dan sisanya berupa daratan dengan 7 benua. Namun Bumi yang bagian dalam masih berupa lelehan lava yang panas.

Pengertian Litosfer

Bumi planet tempat kita tinggal memiliki diameter sekitar 12.756 km. Bumi tersusun dari batuan dan logam dan terbagi ke dalam tiga lapisan yaitu inti, selubung dan kulit Bumi.
Inti Bumi terbagi inti dalam yang berbentuk padat dan inti luar yang berbentuk lelehan. Inti dalam memiliki ketebalan sekitar 1200 km dan terdiri dari logam padat yang seperti nikel dan besi.
Selubung terbagi dalam selubung dalam dan selubung luar. Selubung luar ringan dan tersusun dari batuan silikat dan magnesium. 
Kulit Bumi merupakan bagian terluar Bumi dan banyak mengandung batuan silikat dan aluminium. Kulit Bumi tidak selalu memiliki bentuk dan susunan yang sama. 
Kulit Bumi di bawah lautan hanya memiliki ketebalan 5 km, sedangkan di daratan memiliki ketebalan sekitar 65 km. Kandungan mineral yang terdapat pada kulit Bumi di bawah laut juga lebih sedikit dibandingkan dengan di daratan.
Litosfer adalah kulit terluar dari planet berbatu. Litosfer berasal dari kata Yunani, lithos yang berarti berbatu, dan sphere yang berarti padat. Litosfer berasal dari kata lithos artinya batuan, dan sphere artinya lapisan.
Lapisan kulit Bumi bersama dengan selubung Bumi bagian atas disebut sebagai litosfer
Litosfer pada umumnya memiliki ketebalan sekitar 80 km. Litosfer pecah menjadi bagian lempeng raksasa yang berada disekitar permukaan Bumi seperti pecahan puzzle.

Lempeng tektonik tersebut bergerak sedikit demi sedikit setiap tahun, akibat terjadinya pergeseran cairan pada bagian bawah litosfer.

Lelehan pada bagian bawah litosfer dapat mengalir dan berubah bentuk sesuai suhu Bumi. Aliran lelehan terjadi karena suhu inti Bumi yang sangat panas. Suhu inti Bumi lebih panas dari suhu permukaan Matahari Pemanasan dari dalam inti menyebabkan selubung Bumi bergerak berputar.

Pergerakan selubung menimbulkan banyaknya lempengan-lempengan dibagian kerak Bumi. Pergerakan ini juga memungkinkan terbentuknya medan magnet Bumi Gunung biasanya terbentuk ketika dua lempeng saling bertabrakan dan tepi lempeng terdorong ke atas.

Bentuk permukaan yang lain pun timbul akibat pergerakan lempeng. Lempeng Bumi bergeser sekitar 1 inci pertahun.
Pengertian Litosfer (Kerak Bumi) dan Struktur Lapisan Kulit Bumi
Tabel: 8 Unsur Penyusun Kulit Bumi

Unsur-unsur yang di temukan secara alami paling sedikit ada 92 unsur, tetapi hanya 8 diantaranya yang menyusun kulit Bumi. Kedelapan unsur tersebut menyusun kulit Bumi 98%.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Pengertian Litosfer (Kerak Bumi) dan Struktur Lapisan Kulit Bumi"

Post a Comment