Hukum Gravitasi Newton dan Pengertian serta Rumus Gaya Gravitasi Matahari dan Bumi

Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang rumus gaya gravitasi, gaya gravitasi matahari, gaya gravitasi bumi, pengertian gaya gravitasi matahari, pengertian gaya gravitasi bumi, contoh gaya gravitasi, hukum gravitasinewton.

Bumi mengelilingi Matahari sebagai pusat Tata surya, sedangkan Bulan sebagai satelit Bumi bergerak mengelilingi Bumi. Bulan juga mengikuti Bumi saat bergerak mengelilingi Matahari. Hal ini akan menimbulkan beberapa fenomena seperti gerhana, pasang surut air laut atau fase bulan.

Matahari membuat anggota tatasurya seperti planet tetap pada orbitnya karena adanya gaya gravitasi dari Matahari dan planet-planet tersebut. Begitu juga gaya gravitasi mengikat Bulan terhadap Bumi.

Gaya Gravitasi Bumi dan Matahari

Setiap benda di langit alam raya ini memiliki kekuatan menarik benda langit lainnya. Gaya tarik tersebut dikenal dengan istilah gravitasi.
Gravitasi adalah gaya yang timbul akibat interaksi gaya tarik menarik antar materi.
Gaya ini sangat lemah dibandingkan dengan gaya alam lainnya. Gaya gravitasi antar dua objek tergantung pada massanya, ini sebabnya kenapa gravitasi baru tampak jika bendanya berukuran besar seperti Bumi.
Gaya Gravitasi Bumi merupakan gaya tarik Bumi terhadap benda yang ada di atas permukaannya ke arah pusat Bumi. 
Gravitasi Bumi ini disebabkan oleh massa Bumi yang lebih besar dibandingkan dengan massa benda di atasnya.

Menurut Newton, jika terdapat dua benda maka jumlah gaya tarik kedua benda itu sebanding dengan massa masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya.

.
Dalam hal ini, F merupakan gaya tarik kedua benda (N), G merupakan konstanta gravitasi, M dan m merupakan massa kedua benda (kg), dan R merupakan jarak antara massa M dan massa m (m). Persamaan di atas dikenal dengan Hukum Gravitasi Newton.
Berdasarkan keterangan di atas, setiap benda yang berada di atas permukaan Bumi akan terkena gaya tarik Bumi (gravitasi Bumi). Semakin jauh jarak benda terhadap Bumi, semakin kecil pula pengaruh gaya tarik Bumi tersebut.

Mengapa demikian? Menurut hasil percobaan, massa Bumi itu besarnya 6 x 1024 kg. Berdasarkan massa dan volumenya,diperoleh massa jenis Bumi rata-rata, yaitu 5,5 x 103 kg/m3.


Materi Terkait Lainya

0 Response to "Hukum Gravitasi Newton dan Pengertian serta Rumus Gaya Gravitasi Matahari dan Bumi"

Post a Comment