Definisi dan Pengertian Medan Magnet, Fenomena Aurora, Sudut Inklinasi serta Deklinasi

Loading...
Berikut ini merupakan pembahasan tentang pengertian medan magnet, pengertian inklinasi, pengertian deklinasi, pengertian aurora, proses terjadinya aurora, pengertian aurora borealis, fenomena aurora, definisi medan magnet, sudut deklinasi, sudut inklinasi.

Pengertian Medan Magnet 

Medan magnet ialah ruang di mana sebuah benda yang berada di dalam ruang itu mendapat gaya magnet. Makin besar kekuatan suatu magnet, makin besar pula medan magnetnya. 

Medan magnet digambarkan sebagai garis-garis lengkung yang disebut garis gaya magnet. Garis gaya magnet bermula dari kutub utara dan berakhir di kutub selatan magnet.

Bumi dapat dianggap sebagai sebuah magnet yang sangat besar. Kutub selatan magnet Bumi berada di sekitar kutub utara Bumi, sedangkan kutub utaranya berada di sekitar kutub selatan Bumi.
Definisi dan Pengertian Medan Magnet, Fenomena Aurora, Sudut Inklinasi serta Deklinasi
Gambar: Medan Magnet Bumi

Pengertian Deklinasi dan Inklinasi

Letak kutub magnet Bumi tidak tepat berimpit dengan kutub Bumi. Oleh karena itu arah garis gaya magnet bumi tidak berimpit dengan arah utara-selatan yang sebenarnya.

Itulah sebabnya jarum kompas tidak tepat menunjukkan arah utara dan selatan yang sebenarnya, tetapi sedikit menyimpang.
Penyimpangan arah itu dinyatakan dengan sudut antara kutub magnet Bumi dan kutub Buminya dan disebut dengan Sudut deklinasi.
Besar sudut deklinasi di berbagai tempat di permukaan Bumi tidak sama. Sudut deklinasi pun besarnya berubahubah setiap tahunnya.
Medan magnet Bumi membentuk sudut dengan arah horizontal Bumi. Sudut yang terbentuk antara magnet dengan bidang horizontal disebut sudut inklinasi. 
Besar sudut inklinasi di permukaan bumi juga berbeda beda. Inklinasi terbesar terdapat bagian utara dan selatan kutub magnet Bumi.
Definisi dan Pengertian Medan Magnet, Fenomena Aurora, Sudut Inklinasi serta Deklinasi
Gambar: Sudut Deklinasi dan Inklinasi

Medan magnet Bumi mempengaruhi benda benda yang ada di permukaan Bumi bahkan hingga ke luar angkasa. Semakin jauh dari Bumi pengaruh magnetnya semakin melemah.

Benda-benda langit seperti meteor yang mengandung bahan-bahan logam yang dapat ditarik oleh magnet Bumi akan tertarik masuk ke dalam atmosfer Bumi. Benda-benda tersebut cenderung masuk dan tertarik ke arah kutub magnet Bumi yang memiliki gaya magnet paling besar.

Baca: Fenomena Kemagnetan dan 3 Cara Membuat Magnet

Apakah kamu tahu tentang fenomena aurora? 

Aurora merupakan cahaya yang terbentuk di kutub Bumi. Aurora terbentuk akibat adanya interaksi antara medan magnet Bumi dengan partikel-partikel dari Matahari. 

Saat partikel berbahaya akibat ledakan di Matahari memasuki bumi akan didorong oleh medan magnet untuk bergerak mengelilingi Bumi.
Definisi dan Pengertian Medan Magnet, Fenomena Aurora, Sudut Inklinasi serta Deklinasi
Gambar: Fenomena Aurora

Jika partikel masuk, maka akan masuk di daerah kutub dan akan terbakar sehingga berbentuk sinar aurora. Jika energi partikel lebih besar maka partikel tersebut akan mengelilingi Bumi seperti donat dan disebut sabuk radiasi.

Planet dan bintang dapat menghasilkan medan magnet karena terdapat material magnetik seperti besi didalamnya dan dengan perputarannya muncul arus yang berputar mengelilinginya.

Venus tidak memiliki medan magnet karena putarannya sangat lambat. Mars juga tidak memiliki medan magnet. Hal itu terjadi karena dalam Mars tidak terbentuk lelehan, sehingga besi terletak di permukaan dan tidak dapat menimbulkan medan magnet.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Definisi dan Pengertian Medan Magnet, Fenomena Aurora, Sudut Inklinasi serta Deklinasi"

Post a Comment