Pengertian Energi Listrik dan Daya Listrik serta Contoh Perubahan Energi Listrik

Loading...

Pengertian Energi Listrik

Energi listrik adalah energi yang diperlukan untuk memindahkan muatan dari titik yang berpotensial tinggi ke titik yang berpotensial rendah. 

Besar energi untuk memindahkan muatan tersebut sama dengan perkalian antara muatan dengan beda potensial antara ke dua titik.

W = q V

Energi listrik dapat diubah menjadi energi lain, misalnya energi panas, energi gerak dan energi cahaya. Saat lampu menyala maka itu menujukkan adanya perubahan dari energi listrik ke energi cahaya dan panas.

Berdasarkan percobaan James Joule, energi panas yang dihasilkan energi listrik berbanding lurus dengan beda potensial, kuat arus dan lama waktu mengalir. Sehingga dalam rangkaian listrik, besarnya energi listrik dapat dirumuskan sebagai
W = V I t
Dengan:
W = energi listrik (J)
V = beda potensial(V)
I = kuat arus (A)
t = waktu (s)

Satuan energi listrik adalah joule dan bila hendak diubah dalam kalori, maka kita dapat menggunakan konversi 1 joule = 0,24 kalori.

Berdasarkan hukum Ohm, tegangan dapat dinyatakan sebagai V = I R, maka persamaan W = V I t dapat dituliskan sebagai
W = I2 R t 
Energi listrik dapat berubah menjadi energi lain seperti energi gerak, energi cahaya, energi suara, energi kimia dan energi panas.

Contoh perubahan Energi Listrik

Perubahan Energi Listrik
Perubahan energi listrik menjadi energi gerak tampak pada alat seperti kipas angin, mixer atau blender.

Perubahan menjadi energi cahaya tampak pada lampu, atau televisi.

Perubahan menjadi energi suara tampak pada alat seperti bel listrik, radio atau televisi, sedangkan perubahan menjadi energi kimia digunakan saat penyetruman accumulator.

Perubahan energi listrik menjadi energi panas digunakan dalam beberap alat pemanas seperti setrika listrik atau pemanas nasi dan pemanas air.

Bagian alat yang berfungsi merubah semua energi listrik yang masuk dalam alat menjadi energi panas disebut elemen pemanas.

Saat membeli lampu, biasanya penjual akan bertanya lampu yang berapa watt? Watt adalah satuan dari daya listrik. Apa sebenarnya daya listrik? Daya listrik adalah besarnya energi listrik yang digunakan setiap detik.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Pengertian Energi Listrik dan Daya Listrik serta Contoh Perubahan Energi Listrik"

Post a Comment