Pengertian dan Macam-macam Metode Pidato Terlengkap

Loading...
Pembahasan kali ini adalah tentang pengertian pidato, macam-macam pidato, macam-macam metode pidato dan contoh-contoh teks pidato singkat.

Pengertian Pidato 

Berpidato adalah kegiatan mengungkapkan pikiran secara lisan di hadapan orang banyak. 
Pidato dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, di mana saja, dan dalam keadaan atau peristiwa apa saja. Oleh karena itu, orang yang akan berpidato harus dapat menyesuaikan isi pidato dengan peristiwa dan sebagai apa orang tersebut berpidato.

Macam-macam metode pidato

Metode Pidato

Ada empat macam metode dalam menyampaikan pidato.

1. Metode Impromtu (Serta Merta)

Pada metode ini pembicara berpidato berdasarkan pengetahuan dan kemahirannya tanpa persiapan sama sekali. Jadi, ia berpidato secara serta merta.

2. Metode Ekstemporan (Tanpa Persiapan Naskah)

Pada metode ini dalam berpidato pembicara membawa catatan-catatan penting yang sekaligus menjadi urutan dalam uraiannya.

3. Metode Menghafal

Pada metode ini sebelum berpidato membacakan naskah yang disusunnya terlebih dahulu.

4. Metode Naskah

Pada metode ini pembicara saat berpidato membacakan naskah yang telah disusunnya terlebih dahulu. Naskah-naskah pidato itu mempunyai susunan yang sama. Yang membedakan antara naskah pidato yang satu dengan yang lain terletak pada isi pokoknya.

Sebelum tampil berpidato kalian dapat memilih metode mana yang hendak digunakan. Pemilihan metode tersebut perlu dipertimbangkan positif dengan negatifnya.

Selain itu, kalian perlu membaca tips berpidato yang baik, yaitu posisi berdiri secara tegak, pengurangan gerak tubuh secara wajar, pelafalan kata dengan benar, ekspresi wajah mendukung, dan pandangan ke arah pendengar.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Metode Pidato Terlengkap"

Post a Comment