Pengertian, Contoh, Mekanisme dan Urutan Gerak Refleks dan Gerak Biasa pada Manusia

Loading...
Pembahasan ini menitikberatkan tentang pengertian gerak refleks dan gerak biasa, contoh gerak refleks dan gerak biasa, mekanisme gerak refleks dan gerak biasa, urutan gerak refleks dan gerak biasa.

Pengertian Gerak Biasa

Aktivitas yang dilakukan oleh tubuh manusia dapat berupa aktivitas yang disadari atau tidak disadari.
Gerak biasa merupakan gerak yang terjadi di bawah kesadaran kita. Gerak biasa terjadi karena perintah otak.

Mekanisme dan urutan gerak biasa

Bila kita berjalan menaiki tangga, maka otak kita akan menyuruh otot kaki untuk mengangkat kaki. Proses jalannya rangsang pada gerak biasa dapat disederhanakan sebagai berikut.
Rangsang ==> reseptor ==> saraf sensorik ==> saraf penghubung ==> otak ==> saraf penghubung ==> saraf motorik ==> otot ==> gerak.

Pengertian Gerak Refleks

Pengertian, Contoh, Mekanisme dan Urutan Gerak Refleks dan Gerak Biasa pada Manusia
Gambar: Contoh Mekanisme Gerak Refleks
Banyak kegiatan-kegiatan dalam tubuh yang tidak disadari keberadaanya. Misalnya,di dalam tubuh berlangsung proses pemompaan darah oleh jantung.

Darah dalam pembuluh darah selalu mengalir. Bila suatu bagian tubuh memerlukan darah lebih banyak maka pembuluh-pembuluh darah ke daerah tersebut akan mengalami pelebaran.

Sebaliknya, bila suatu bagian tubuh kurang memerlukan darah maka pembuluh darah ke daerah tersebut mengalami penyempitan.

Bila tangan kita tertusuk jarum, maka kita akan reflek menarik tangan kita. Gerak seperti itu disebut gerak refleks.
Gerak refleks adalah gerakan yang tak disadari atau yang baru disadari setelah gerak itu terjadi. 
Mekanisme dan Urutan gerak refleks

Pada gerak refleks, rangsang yang datang dari reseptor tidak seluruhnya sampai ke otak untuk diolah. Proses jalannya rangsang pada gerak refleks dapat disederhanakan sebagai berikut :
Rangsang ==> reseptor ==> saraf sensorik ==> saraf penghubung ==> sumsum tulang belakang ==> saraf penghubung ==> saraf motorik ==> otot ==> gerak.
Jalan pendek yang ditempuh oleh rangsang sehingga menimbulkan gerak refleks disebut lengkung refleks. Jenis refleks bergantung pada saraf penghubungnya apakah ada di sumsum tulang belakang atau ada di otak. Apabila refleksnya hanya melibatkan sumsum tulang belakang, maka disebut refleks cerebellar.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Pengertian, Contoh, Mekanisme dan Urutan Gerak Refleks dan Gerak Biasa pada Manusia"

Post a Comment