Latihan Cara Membaca Cepat 250 Kata Per Menit

Loading...
Setelah kita memahami dasar-dasar dalam membaca cepat, cara dan teknik membaca cepat sekaligus mengetahui rumus cara menghitung kecepatan membaca dan pemahaman bacaan serta memahami kecepatan efektif membaca, maka pada kesempatan kali ini kita akan mencoba mempraktekkan pengetahuan kita tersebut yaitu; latihan membaca cepat.

Latihan Membaca Cepat

Bacalah artikel berikut ini sebanyak tiga kali dengan batasan waktu lima menit, tujuh menit, dan sepuluh menit!

Indonesia dan Jamban Terpanjang di Dunia

Jika India dengan Mumbai dan Kalkuta-nya dikenal di seantero dunia sebagai ibu kota permukiman kumuh dunia (global slum capital), maka Indonesia bisa dikatakan adalah mal jamban terpanjang di dunia. Bayangkan, di Jakarta saja ada lebih dari satu juta septic tank. 

Sekitar 60 persen rumah di ibu kota memiliki sumur yang berjarak kurang dari 10 meter dari septic tank. Melimpahnya populasi septic tank yang terus bertambah tanpa adanya regulasi yang baik ini mengakibatkan pencemaran air tanah dan membahayakan jutaan penduduknya.

======================== 84 Kata

Yang membuat orang geleng-geleng kepala, setelah 63 tahun merdeka, ternyata 72,5 juta penduduk Indonesia masih buang air besar (BAB) di luar rumah (Laporan Pemerintah RI ke Millenium Development Goals/MDGs). Versi Departemen Kesehatan bahkan lebih besar lagi, 100 juta orang!

======================== 123 Kata

Selama ini, membahas masalah kebiasaan masyarakat yang membuang kotoran secara sembarangan dianggap sebagai hal aneh dan tak sedikit yang menganggap itu semata urusan domestik. Dari sisi pemerintah sendiri, belum menjadi prioritas.

Menurut Departemen Kesehatan, selama 30 tahun terakhir, anggaran yang dialokasikan untuk perbaikan sanitasi hanya sekitar 20 juta dollar AS atau setara Rp200/orang/tahun.

======================== 176 Kata

Dalam APBN tahun 2008, anggaran untuk sanitasi itu, menurut seorang narasumber, hanya 1/214 dari anggaran subsidi BBM. Selain lemahnya visi menyangkut pentingnya sanitasi, terlihat pemerintah belum melihat anggaran untuk perbaikan sanitasi ini sebagai investasi, tetapi mereka masih melihatnya sebagai biaya.

======================== 216 Kata

Padahal keberhasilan memperbaiki akses air minum dan sanitasi juga memengaruhi dan terkait dengan pencapaian target MDGs lainnya seperti pengurangan angka kemiskinan, akses ke pendidikan, kesehatan masyarakat, dan kesetaraan gender, dipulihkannya kerusakan lingkungan, dan dikuranginya permukiman kumuh.

======================== 252 Kata

Karena itu, yang diperlukan, adalah pendekatan menyeluruh (holistik) yang terpadu yang sifatnya lintas sektor, terdesentralisasi dan berbasis masyarakat, dengan melihat keterkaitan antaraspek tersebut di atas. Di sini peran pemimpin di daerah sangat menentukan karena akhirnya mereka yang harus lebih banyak terlibat langsung.

Misalnya, pada tahun 1980-an, ibu-ibu PKK sudah turun hingga ke masyarakat untuk mengampanyekan pembuatan WC hingga di pelosok kampung.

======================== 313 Kata

Pengalaman Dusun Ciseke, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi menunjukkan sebenarnya kita bisa membuat lompatan besar dalam pencapaian target MDGs menyangkut akses air minum bersih dan sanitasi dasar jika kita mau.

Wilayah Cidahu ini pernah sangat terkenal tahun 2005 karena merebaknya wabah polio. Sebelumnya sebagian besar warga di daerah ini terbiasa membuang kotoran secara sembarangan, baik di kolam, sungai, maupun kebun.

======================== 372 Kata

Melalui pendekatan program pembangunan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) yang dilancarkan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, dalam tempo empat bulan, sebanyak 134 keluarga yang tinggal di 121 rumah berhasil membebaskan diri dari BAB sembarangan.

======================== 405 Kata

(Sumber: Kompas, 19 Maret 2008 dengan pengubahan seperlunya)

Untuk membantu mempermudah latihan membaca cepat, silahkan lengkapi waktu di bawah ini!

Waktu mulai = pukul ........ lebih ....... menit ........ detik

Waktu selesai = pukul ........ lebih ....... menit ........ detik

Selanjutnya hitunglah kecepatan membaca anda dengan rumus cara menghitung kecepatan membaca.

Latihan Cara Membaca Cepat 250 Kata Per Menit
.
Keterangan: 
x = kecepatan baca
y = jumlah kata dalam teks yang telah berhasil dibaca
z = lama membaca dalam detik

Silahkan mencoba!

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Latihan Cara Membaca Cepat 250 Kata Per Menit"

Post a Comment