Contoh Naskah (Teks) Pidato Singkat Tentang Kebersihan Lingkungan Hidup

Loading...
Berikut ini merupakan contoh teks pidato singkat bahasa Indonesia atau contoh naskah pidato singkat tentang kebersihan lingkungan hidup.

Contoh teks/naskah pidato singkat tentang kebersihan lingkungan hidup

Ibu-ibu, Bapak-bapak, dan Saudarasaudara yang saya hormati, selamat siang dan selamat datang dalam pertemuan ini.

Hadirin yang berbahagia, 
sebelum saya memulai pembicaraan, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat tanpa halangan apa pun.

Hadirin tamu undangan yang saya hormati, 
seperti yang sudah sering saya katakan bahwa untuk mendapatkan sesuatu, kalau dikerjakan atau diusahakan bersama-sama tentu akan lebih mudah.

Demikian pula untuk menciptakan kota ini menjadi betul-betul bersinar. Kota kita ini akan dapat betul-betul bersinar bila kita usahakan bersama.

Pemerintah atau Pemkot selaku Dinas Kebersihan Kota yang ditugasi untuk mengelola kebersihan dan keindahan kota, tidak akan mampu menciptakan keindahan tanpa bantuan semua warga. 

Demikian pula bila hal itu hanya dilakukan oleh sebagian warga tanpa dukungan dari warga yang lain. Oleh karena itu, agar dapat mewujudkan kota ini bersinar, baik Dinas Kebersihan maupun warga masyarakat harus bersatu padu dan bergotong-royong.

Hadirin yang terhormat, 
selama ini kita sudah berupaya menciptakan agar kota kita ini menjadi bersih, sehat, indah, nyaman, aman, dan rapi. Untuk menciptakan kota yang bersih sudah kita sediakan bak-bak sampah dan armada truk sampah untuk mengangkut dan membuangnya ke pembuangan sampah. 

Untuk mengusahakan kesehatan kita sudah mengadakan program kesehatan. Untuk memperindah kota, kita sudah membangun taman-taman, penghijauan, dan prokasih. Untuk kenyamanan kita bangun jalan-jalan setapak bagi pejalan kaki.

Untuk keamanan kita sudah menggiatkan siskamling di tempat kita masing-masing. Untuk kerapian kita usahakan pagar-pagar diluruskan, tata kota diperbaiki, dan pembatas jalan diperbaiki.

Apakah semua itu sudah cukup dan selesai hadirin yang terhormat? Tidak, belum, karena apa yang kita kerjakan itu akan rusak kalau tidak kita rawat. Akan tetapi, bagaimana kita akan merawat dan menjaga itu semua? Caranya kita upayakan semua tetap berjalan seperti kehendak kita. 
Contoh Naskah (Teks) Pidato Singkat Tentang Kebersihan Lingkungan Hidup
Kebersihan Lingkungan
Pertama, untuk menjaga kebersihan, kita harus berdisiplin membuang sampah pada tempatnya, entah di rumah entah di luar rumah. 

Selama ini Pemkot telah menyediakan tempat-tempat sampah di tepi jalan. Oleh karena itu, buanglah sampah pada tempatnya supaya tidak ada sampah yang bertebaran dan mengganggu kebersihan dan keindahan kota kita.

Kedua, jagalah program kali bersih yang sudah kita canangkan dengan tidak membuang sampah ke sungai. Jika sungai bersih dari sampah, alirannya akan menjadi lancar dan tidak menimbulkan banjir serta polusi air. 

Ketiga, jaga dan peliharalah tamantaman yang sudah ada. Sesekali dibersihkan
dan dirawat. Kita berharap warga masyarakat mau membantu kami memelihara tamantaman itu. 

Taman yang terawat akan membuat kota kita tampak indah. Hadirin yang saya hormati, dengan ketiga hal tersebut kota kita akan dapat terpelihara dari sampah dan keindahan kota akan terjaga. 

Akhirnya, kami berharap semua warga mau berpartisipasi untuk menjaga kebersihan dan keindahan kota kita ini dengan sebaik-baiknya sehingga kota kita bersinar selamanya.

Hadirin yang saya hormati,
terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf bila ada perkataan saya yang salah dan tidak berkenan di hati hadirin semuanya.

Selamat siang.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Contoh Naskah (Teks) Pidato Singkat Tentang Kebersihan Lingkungan Hidup"

Post a Comment