Contoh Memuji dan Mengkritik Karya Seni Lukisan

Loading...
Mengkritik dapat diartikan sebagai kegiatan mengemukakan pendapat atau tanggapan terhadap sesuatu hal yang disertai dengan uraian dan pertimbangan baik buruknya hal tersebut.

Akan tetapi, sebuah kritikan oleh orang-orang sering dikaitkan dengan hal-hal yang buruk saja, sedangkan untuk hal-hal yang bagus sering disebut pujian.

Baik kritikan ataupun pujian hendaknya selalu diutarakan dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun sehingga tidak menyinggung perasaan orang yang dikritik atau dipuji.

Apabila kalian mengkritik atau memuji sebuah karya seni atau produk disertai dengan alasan yang logis, tentunya pencipta seni atau produsen produk tersebut tidak akan tersinggung.
.

Pada ilustrasi tersebut terdapat pernyataan yang berisi pujian. Pujian itu diucapkan oleh Yadi. Dalam pujian itu Yadi juga menyebutkan alasan mengapa ia memuji lukisan itu.

Selain memuji lukisan, Yadi juga mengucapkan kritikan. Yadi mengkritik pameran mebel yang harganya mahal-mahal, dan ketika Yudi mengatakan bahwa yang sebelah kiri harganya murah dijawab Yadi, bahwa yang murah buatannya kurang baik, kurang halus, dan peliturnya lecet-lecet.

Dari contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam memuji atau mengkritik, seseorang harus menyebutkan alasan mengapa suatu barang atau karya seni dianggap baik atau tidak baik.

Materi Terkait Lainya

0 Response to "Contoh Memuji dan Mengkritik Karya Seni Lukisan"

Post a Comment